Bagi-bagi Duit Dilakukan Anggota Partai Liberal Jepang Habiskan 2 Juta Yen Lebih

Uang tunai dalam amplop masing-masing antara 100.000 yen sampai 200.000 yen per orang itu dibagi-bagi

Bagi-bagi Duit Dilakukan Anggota Partai Liberal Jepang Habiskan 2 Juta Yen Lebih
Richard Susilo
Noboru Kamitani (68) anggota parlemen dari partai liberal Jepang (LDP) di Osaka 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Noboru Kamitani (68) anggota parlemen dari partai liberal Jepang (LDP) di Osaka mengakui membagi-bagikan uang kepada 14 anggota parlemen di saka baik dari kota Izumi (11 orang) maupun dari kota Kishiwada (3 orang). Namun tidak dianggap melanggar ketentuan apa pun.

"Itu uang para pendukung kami pada kas partai politik dan dibagikan kepada anggota parlemen, wajar saja, tidak melanggar aturan apa pun menurut saya," tekannya Jumat ini (24/11/2017).

Uang tunai dalam amplop masing-masing antara 100.000 yen sampai 200.000 yen per orang itu dibagi-bagi kepada 14 orang berjumlah 2,1 juta yen pada bulan September lalu.

Namun setelah pemilu berakhir, semua anggota parlemen 14 orang itu mengembalikan uang tersebut kepada kantor Kamitani lagi.

Wakil Kamitani (Sekretarisnya) bahkan memberikan uang tunai itu kepada seorang isteri anggota parlemen yang kemudian beberapa hari kemudian mengembalikan lagi ke kantor Kamitani.

Profesor Hiroyuki Kamiwaki dari Fakultas Hukum Universitas Kobe Gakuin yang akrab dengan isu pemilihanmengomentari, "Jika Anda bekerja dalam suatu pemilihan umum tertentu, ini bisa jadi sebagai pelanggaran terhadap UU Pemilu."

"Uang yang berasal dari organisasi politik Dana sumbangan politik, dapat juga dipakai dan diijinkan oleh UU Pengawasan Dana Politik. Rasanya say atidak melanggar undang-undang tersebut dan tidak ada salahnya," tekan Kamitani Jumat ini.

Anggota parlemen Kamiya memenangkan pertama kalinya dalam pemilihan parlemen tiga tahun lalu sebagai anggota dewan daerah perfektur Osaka dan walikota Izumiotsu dan saat ini di masa jabatan keduanya.

Uang dari LDP sebagai biaya kegiatan politik kepada anggota dewan kota, dan kami juga melampirkan tanda terima, tekannya lagi.

"Sumbangan dari organisasi politik kepada organisasi politik juga diizinkan di bawah Undang-Undang Pengendalian Dana Politik karena tidak ada perasaan bahwa mereka telah melanggar hukum dan tidak ada yang bisa dilakukan. Jadi kegiatan politik itu justru untuk membuat semakin bekerja keras," ungkap Toshihiro Nikai Sekjen LDP.

Kamitani terpilih dari distrik Osaka 18 di pemilihan majelis rendah bulan Oktober lalu dan terpilih kembali di blok proporsional Kinki blok yang berulang kali dia mencalonkan diri.

Pada tanggal 3 Oktober sore Kamitani sendiri juga membawa uang tunai 200.000 yen ke rumah anggota parlemen Yoshihisa Tsujimoto dari kelompok independen berkata, "Tolong berikan amplop dengan uang tunai kepada istri saya dan saya tidak dapat menerimanya, jadi saya mengembalikannya pada tanggal 5 Oktober, dua hari kemudian."

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help