Jalur Linear Kereta Api Jepang Mulai Dipasang Jadikan Tercepat di Dunia

Stasiun Pusat Linear Shinkansen menghubungkan Tokyo, Shinagawa dan Nagoya akan dibuka 10 tahun mendatang

Jalur Linear Kereta Api Jepang Mulai Dipasang Jadikan Tercepat di Dunia
Richard Susilo
Jalur khusus Linear kereta api Jepang mulai dipasang, memungkinkan kereta api tercepat di dunia. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jalur linear kereta api peluru (Chuo Shinkansen) mulai dipasang pagi ini (25/11/2017) sekitar jam 1 pagi dari stasiun Shinagawa Tokyo. Nantinya jalur ini akan menjadi andalan kereta api tercepat di Jepang memungkinkan 500 km per jam.

"Pekerjaan pertama kali dilakukan pagi ini untuk jalur linear Shinkansen tersebut dan akan berakhir pekerjaan proyek ini rencananya 10 tahun mendatang," papar sumber TRibunnews.com Sabtu ini (25/11/2017).

Stasiun Pusat Linear Shinkansen menghubungkan Tokyo, Shinagawa dan Nagoya akan dibuka 10 tahun mendatang.

Kemudian melalui jalur pengunungan akan menuju Gifu juga, lalu Nagano dan Yamanashi.

Pengerjaan di stasiun Shinagawa yang baru pagi ini dilakukan di dasar jalur Tokaido Shinkansen, sekitar 40 meter di bawah tanah.

Jalur yang lama mulai diganti perlahan dengan jalur linear menggunakan peralatan berat crane dan sebagainya untuk jalur panjang 12 meter dan berat 26 ton.

Penggunaan berbagai alat khusus dan canggih tentu dilakukan pula pihak Japan Railways (JR) dalam proyeknya yang baru dilakukan tersebut.

Dalam tiga tahun mendatang JR Tokai akan mengambil alih pekerjaan tersebut untuk bawah tanah serta menggantikan jalur yang kuno (lama) dengan jalur linear di 4 stasiun yang ada dengan panjang jalur 1600 meter secara total.

"Memang tidak mudah pekerjaan proyek ini tetapi tetap harus dimulai dengan waktu yang sangat ketat tanpa menghalangi perjalanan Tokaido Shinkansen yang sekarang beroperasi dengan baik," papar
Hirokazu Ohi Kepala Konstruksi JR Tokai Chuo Shinkansen.

Oleh karena itu pihaknya akan bekerja dengan sangat hati-hati dan mengedepankan keamanan nomor satu agar terjaga pekerjaan secara stabil dan lancar nantinya.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help