Kontrol Pengawas Udara Jepang Error, Pesawat Tak Bisa Masuk Hokkaido

Peralatan radio di bagian kontrol pengawas pesawat udara mengalami error sehingga tak bisa komunikasi

Kontrol Pengawas Udara Jepang Error, Pesawat Tak Bisa Masuk Hokkaido
NHK
Tanda keterlambatan pesawat diumumkan kepada umum di bandara Hokkaido 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pesawat udara tak bisa memasuki wilayah udara Hokkaido karena kontrol pengawas udara di sana mengalami error kemarin tadi (24/11/2017). Akibatnya banyak pesawat mengalami keterlambatan.

"Peralatan radio di bagian kontrol pengawas pesawat udara mengalami error sehingga tak bisa komunikasi dengan pesawat tadi pagi sehingga banyak pesawat akhirnya tak bisa memasuki udara Hokkaido dan banyak pesawat terlambat pada akhirnya," papar sumber Tribunnews.com Sabtu ini (25/11/2017).

Kejadian sekitar jam 8 kemarin ini (24/11/2017) dan para ahli kementerian transportasi pun dikerahkan untuk ikut membantu penanganan hal tersebut namun tetap saja berakibat keterlambatan semua penerbangan dari dan ke Hokkaido.

Kesalahan (error) terjadi pada Sapporo Air Traffic Control Division yang punya hak kuasa mengatur berbagai lalu lintas udara di berbagai bandara di Hokkaido.

Beberapa cara dilakukan agar bisa memasuki atau ke luar Hokkaido, antara lain dengan terbang rendah ketinggian tertentu agar gelombang radio tersambung antara menara pengawas dengan pesawat masing-masing.

Akhirnya menara pengawas itu bisa komunikasi dengan daerah Tohoku dengan baik kembali sekitar jam 19:47 kemarin malam (24/11/2017).

Kementerian transportasi Jepang masih terus menyelidiki sumber error dan mengapa terjadi sedemikian bahkan dalam waktu lama baru bisa diperbaiki.

Upaya penyelidikan seksama kini masih terus dilakukan pihak kementerian transportasi Jepang agar tidak terulang lagi, ungkap sumber itu lagi.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help