Dirjen PEN Bersama Pengusaha Indonesia Belajar Pembuatan Soy Souce di Jepang

Kita ingin melihat dan menjajaki peluang masuknya bahan baku pembuatan soy sauce dari Indonesia

Dirjen PEN Bersama Pengusaha Indonesia Belajar Pembuatan Soy Souce di Jepang
Richard Susilo
Dirjen PEN Arlinda (baris depan kaca mata pakai syal panjang strip-strip hitam putih) bersama para pengusaha Indonesia di pabrik soy souce di Chiba Jepang Kamis ini (30/11/2017) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Rombongan 21 pengusaha Indonesia yang dipimpin Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Kementerian Perdagangan, Arlinda, mengunjungi sebuah pabrik besar pembuatan Soy Sauce biasa disebut Shoyu di perfektur Chiba Jepang Kamis ini (30/11/2017).

"Wah kita mendapat kesempatan emas ini mengunjungi pabrik besar shoyu ini yang umumnya dikonsumsi semua warga Jepang," papar Arlinda khusus kepada Tribunnews.com Kamis ini (30/11/2017).

Kunjungan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan bersama delegasi bisnis Indonesia ke Chiba Shoyu Sauce. Co., Ltd tersebut untuk melihat kesempatan bisnis yang mungkin terbuka bagi Indonesia.

"Kita ingin melihat dan menjajaki peluang masuknya bahan baku pembuatan soy sauce dari Indonesia dan transfer know how mengenai proses pembuatan soy sauce yang berkualitas tersbeut kepada Indonesia," paparnya lagi.

Apabila ada bahan baku pembuatan shoyu dari Indonesia tentunya menjadi peluang perdagangan yang cukup besar bagi Indonesia untuk bisa mengekspor ke Jepang.

Di Jepang Kikkoman adalah pembuat Shoyu terbesar.dengan nilai penjualan per tahun sekitar 402 miliar yen. Demikian pula Yamasa dengan nilai penjualan sekitar 60 miliar yen per tahun.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help