Jepang Kewalahan Hadapi Pengguna Gokart di Jalan Umum, 3 Kecelakaan Tahun Lalu

Namun kecelakaan pun muncul tiga kasus tahun lalu mengakibatkan pengaturan penggunaan GoKart jadi sangat ketat

Jepang Kewalahan Hadapi Pengguna Gokart di Jalan Umum, 3 Kecelakaan Tahun Lalu
Richard Susilo
Para turis asing menggunakan GoKart bebas di jalan umum di Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Penggunaan GoKart untuk para turis sudah ada sejak 5 tahun lalu di Tokyo tetapi baru dua tahun terakhir ini menjadi sangat populer terutama di daerah sekitar Akihabara Tokyo.

Namun kecelakaan pun muncul tiga kasus tahun lalu mengakibatkan pengaturan penggunaan GoKart jadi sangat ketat saat ini. Bahkan hari ini rapat para ahli di kementerian transportasi akan menerapkan tiga aturan baru merupakan keharusan bagi pengelola operator GoKart tersebut.

"Tiga aturan baru akan diterapkan segera bagi pengelola Gokart di Jepang," papar seorang pejabat pemerintah seusai rapat di kementerian transportasi Jepang hari ini (5/12/2017) khusus kepada Tribunnews.com.

Tiga peraturan baru itu yaitu, pengguna (penyetir) harus pakai sabuk pengaman (seatbelt) dengan baik saat menyetir mengendarai GoKart.

Lalu pada mobil GoKart harus memasang lampu pada tiang setinggi satu meter dari tanah dan lampu harus selalu menyala warna merah, sehingga kendaraan biasa (mobil) dan lainnya dapat mengetahui adanya GoKart di depannya.

Keberadaannya yang sangat rendah di jalan raya sehingga tidak terlihat pengendaraan mobil apalagi bus sehingga terjadi kecelakaan.

Persyaratan ketiga adalah penggunaan ban harus ada spakboard nya. Empat ban GoKart harus "disarungkan" tak boleh "telanjang" hanya ban saja seperti sekarang. Jadi mobil GoKart harus menggunakan spakboard di masa depan.

Penggunaan GoKart di Jepang dihitung per jam dan rata-rata sekitar 3000 yen per jam tapi 5000 yen per 2 jam. Sedangkan 3 jam maksimum dengan harga sekitar 6000 yen.

Pengguna harus memiliki SIM Internasional atau SIM Jepang. Tanpa SIM tidak akan boleh menggunakan GoKart dan biasanya akan dibimbing paling depan oleh para koordinator tur GoKart tersebut selama berada di jalan raya.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help