Kesempatan Emas Indonesia Ekspor Buah-buahan Asalkan Ikuti Aturan Jepang

Chairman dan CEO Jetro melihat kesempatan emas bagi Indonesia untuk mengekspor buah-buatan tropikal dari Indonesia ke Jepang.

Kesempatan Emas Indonesia Ekspor Buah-buahan Asalkan Ikuti Aturan Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Hiroyuki Ishige, Chairman Badan Perdagangan Luar Negeri Jepang (Jetro) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Chairman dan CEO Jetro (Badan Perdagangan Luar Negeri Jepang) melihat kesempatan emas bagi Indonesia untuk mengekspor buah-buatan tropikal dari Indonesia ke Jepang.

"Kami rasa kalau mengikuti semua aturan yang ada ditentukan Jepang pasti bisa kok," kata CEO Jetro, Hiroyuki Ishige kepada Tribunnews.com, Selasa (5/12/2017).

Perhatian kepada buah harus bebas serangga termasuk telur serangga tak boleh ada di dalam buahnya.

Lokasi khusus perkebunan buah yang terkontrol dengan baik serta dapat dipertanggungjawabkan apabila petugas pengawas dari Jepang datang.

Baca: Bocah 13 Tahun Dijual Bibinya Satu Juta Rupiah Sekali Kencan

Tidak menggunakan bahan kimia atau sesuai takaran yang diharuskan Jepang, dan berbagai kelengkapan persiapan lain dalam pembenihan buah dan untuk menciptakan buah terbaik dari Indonesia dan bisa diterima hukum atau aturan di Jepang.

"Kalau dari segi teknis sudah memenuhi semua ketentuan yang ada serta aturan impor serta aturan lain terkait impor buah terpenuhi rasanya merupakan kesempatan emas bagi Indonesia untuk mengekspor buah. Nah tinggal ikuti saja semua ketentuan itu. Saya rasa tak ada masalah," kata dia.

Baca: Amien Rais Minta Presiden Tak Memecah Belah Bangsa, Ketua Komisi A DPRD DIY: Jangan Bikin Gaduh

Belum lama ini Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita berbicara langsung dalam lunch meeting dengan Ishige dan hal tersebut juga telah disampaikan secara langsung pula oleh Ishige kepada menteri.

"Mudah-mudahan impor buah dari Indonesia bisa berjalan baik nantinya," ujarnya.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help