Peringatan 60 Tahun Indonesia-Jepang, Profesor Masakatsu Tozu Luncurkan Buku Indonesia Fashion

Prof Masakatsu Tozu ternyata telah mempersiapkan sebuah buku kain tradisional Indonesia batik sejak dua tahun lalu dan baru saja diterbitkan.

Peringatan 60 Tahun Indonesia-Jepang, Profesor Masakatsu Tozu Luncurkan Buku Indonesia Fashion
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Buku Indonesia Fashion terdiri dari batik dan tenun ikat tradisional Indonesia karya Prof Tozu Masakatsu. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Prof Masakatsu Tozu ternyata telah mempersiapkan sebuah buku kain tradisional Indonesia batik sejak dua tahun lalu dan baru saja diterbitkan.

"Saya memang suka batik sehingga di Indonesia beberapa media menuliskan saya sebagai Profesor Batik," kata Prof Masakatsu Tozu (75) kepada Tribunnews.com, Rabu (6/12/2017).

Menurutnya, untuk memeriahkan 60 tahun perayaan persahabatan Indonesia-Jepang tahun 2018, dia mempersiapkan buku kain tradisional Indonesia berjudul "Indonesia Fashion", sejak dua tahun lalu.

"Sejak dua tahun lalu memang telah saya siapkan buku ini dan baru saja terbit dengan isi berbagai kain tradisional Indonesia baik batik, ikat, songket, tapis dan sebagainya," kata dia.

Baca: Tentara Korut Diduga Curi 50 Barang di Pulau Matsumaekojima Jepang

Kecintaannya terhadap batik ditunjukkan sang profesor yang selalu mengenakan batik di Jepang, termasuk saat musim dingin kali ini.

"Ini batik khusus dengan desain mencerminkan kecintaan saya kepada Bung Karno," kata Masakatsu Tozu sambil tersenyum menunjukkan batik lengan panjang yang dikenakannya.

Buku Indonesia Fashion terbitan NHK Service Center itu dengan bertema "Dunia Kostum Etnik Mekar di Jalan Sutra Laut" berisi 70 halaman dicetak full color dengan contoh berbagai kain tradisional Indonesia.

"Saya mengumpulkan batik yang paling tua mungkin buatan tahun sekitar 1920-1030-an umumnya adari Jawa Tengah," tambahnya.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help