Keputusan Donald Trump Akui Yerusalem Ancam Perdamaian Dunia

Semua pihak harus mengakui keberadaan dua negara, Palestina dan Israel dengan perbatasan sebelum perang 1967.

Keputusan Donald Trump Akui Yerusalem Ancam Perdamaian Dunia
(Daily Mail/AFP/Getty Images)
Aksi protes dilakukan warga Palestina usai Amerika Serikat (AS) mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mendukung rencana Israel memindahkan ibukotanya dari Tel Aviv ke Yerusalem Timur diyakini bakal menimbulkan masalah baru yang sangat pelik.

Bahkan hal itu akan mengancam proses perdamaian yang masih terus diupayakan PBB dan badan-badan perdamaian internasional.

"Tindakan ini harus dihentikan agar tidak merusak capaian perdamaian yang ada.Saat ini para pihak yang berkonflik, negara-negara Arab dan Israel, sepakat mengakhiri perang dan menerima pendekatan hidup berdampingan secara damai (peaceful co-existance)," kata Direktur Said Aqil Siradj (SAS) Institute, Imdadun Rahmat dalam keterangan yang diterima, di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Menurut Imdadun, semua pihak harus mengakui keberadaan dua negara, Palestina dan Israel dengan perbatasan sebelum perang 1967.

Hal ini dikukuhkan dalam Resolusi PBB No 242 dan 338 yang isinya mencakup kewajiban Israel meninggalkan wilayah Palestina yang direbutnya pada perang 1967.

Menurut Resolusi PBB tersebut, Yerusalem Timur adalah wilayah Palestina. Saat ini kota tempat komplek suci tiga agama Yahudi, Kristen dan Islam, Al-Aqsha berada, di- status quo-kan demi menjaga proses kesepakatan terus berlangsung.

"Tindakan sepihak Israel ini akan meningkatkan kemarahan publik Palestina," katanya.

Dirinya menilai, langkah Israel ini menambah panjang daftar pembangkangan terhadap keputusan PBB dan suara komunitas internasional.

Baca: Pemda Punya Utang ke BPJS Kesehatan Rp 1,3 Triliun

Halaman
123
Penulis: Wahyu Aji
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help