Kementerian Pertanian Kehutanan Perikanan Jepang Anggarkan 12 Miliar Yen Bantu Nelayan Hadapi Korut

Kementerian Pertanian Kehutanan Perikanan Jepang berencana membuat anggaran tambahan untuk menghadapi ancaman Korea Utara.

Kementerian Pertanian Kehutanan Perikanan Jepang Anggarkan 12 Miliar Yen Bantu Nelayan Hadapi Korut
Patroli Penjaga Pantai Jepang
Kapal Korea Utara (Korut) pencuri hasil laut ikan di perairan Jepang tertangkap foto patroli penjaga pantai Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kementerian Pertanian Kehutanan Perikanan Jepang berencana membuat anggaran tambahan untuk menghadapi "ancaman" Korea Utara.

"Ada dua hal utama perlu melindungi nelayan Jepang di lautan zone ekonomi eksklusif Jepang yang selalu diganggu oleh Korut selama ini," ungkap sumber Tribunnews.com, Selasa (12/12/2017).

Pertama menurutnya adalah kakayaan laut Jepang yang selalu dicuri oleh kapal nelayan asing terutama dari Korut.

Seperti belum lama ini dengan nama Yamatotai (sedimen Yamato) dari Korut di Semenanjung Noto Perfektur Ishikawa yang mengambili ikan, cumi dan kekayaan laut Jepang secara ilegal.

"Menghadapi para nelayan liar dan ilegal tersebut anggaran akan diberikan bagi para nelayan Jepang agar bisa ikut pula membantu patroli penjaga pantai Jepang mengusir semua nelayan ilegal di laut Jepang," kata dia.

Baca: Jeruk Mandarin Sasebo Unshuu dari Nagasaki Jepang Harganya Rp 112.000 Per Buah

Dengan keterlibatan nelayan ikut membantu mengusir nelayan asing ilegal tersebut diharapkan penghasilan dan produksi laut bagi nelayan Jepang tidak lagi terganggu seperti terjadi saat ini.

Kapal khusus dari Kementerian Perikanan Jepang ikut pula bersama nelayan membantu menjaga laut Jepang dengan lebih baik di masa depan.

Satu hal lagi anggaran tambahan juga dipakai untuk membuat sistem deteksi dan warning (peringatan) awal bagi para nelayan Jepang agar terhindar dari bahaya terkena peluru kendali (rudal) Korut yang sering kali jatuh di laut Jepang dalam "uji coba" rudal mereka.

Sistem peringatan dini tersebut juga dipasang pada kapal para nelayan Jepang. Sehingga awal peluncuran bahkan terdeteksi dan segera disiarkan ke semua nelayan Jepang.

Kedua hal tersebut dianggarkan tambahan biaya lebih dari 12 miliar yen yang akan disahkan pada tahun depan setelah disetujui parlemen.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help