Tahun Depan Arab Saudi Izinkan Kaum Hawa Masuk ke Stadion Olahraga

Arab Saudi tengah merenovasi stadionnya, agar para wanita diizinkan untuk masuk dan bisa menyaksikan pertandingan olahraga untuk pertama kalinya.

Tahun Depan Arab Saudi Izinkan Kaum Hawa Masuk ke Stadion Olahraga
AFP/Getty Images
Para wanita Arab Saudi tampak tengah duduk di satu stadion saat pertama kalinya menyaksikan acara di Riyadh pada 23 September 2017. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM - Arab Saudi tengah merenovasi stadionnya, agar para wanita diizinkan untuk masuk dan bisa menyaksikan pertandingan olahraga untuk pertama kalinya.

Dikutip dari laman Mashable, Selasa (12/12/2017), keputusan itu menyusul pengumuman bersejarah bahwa para wanita diizinkan untuk mengemudikan kendaraan, mulai Juni 2018 mendatang.

Kerajaan konservatif tersebut saat ini mengatakan bahwa tahun depan, para wanita bisa memasuki tiga stadion olahraga besar di Riyadh, Jeddah dan Dammam.

Baca: Bioskop Akan Dibuka Kembali di Arab Saudi Setelah 35 Tahun Menghilang, Begini Tanggapan Warganya

Twitter
Twitter ()

Otoritas Olahraga Umum Saudi, yang merupakan lembaga olahraga untuk negara tersebut, mengumumkan bahwa Stadion King Fahd di Riyadh, King Abdullah Sport City di Jeddah, dan Stadion Prince Mohammed bin Fahd di Dammam, hingga sekarang masih diperuntukkan bagi para laki-laki.

Mereka akan memulai renovasi secara spesifik 'untuk bagian penerimaan keluarga' pada awal 2018 mendatang.

Itu berarti para wanita akan duduk di bagian keluarga, yang tentunya dipisahkan dari kerumunan laki-laki, sepert adat di kerajaan.

Twitter
Twitter ()

Selama proses renovasi tersebut, pada ketiga stadion itu akan didirikan pula restoran, cafe, dan layar monitor.

Perkembangan terbaru ini kemungkinan akan menyebabkan reaksi balik dari kaum ultra-konservatif dan tradisionalis di negara tersebut, yang sebelumnya sudah bereaksi dengan meluapkan kemarahan saat larangan mengemudi bagi perempuan dicabut.

Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help