Ribetnya Huruf Kanji Jepang, Satu Nama Saja Punya 60 Jenis Karakter

Huruf Kanji Jepang terkenal sangat rumit. Satu karakter kanji nama orang saja ada 60 jenis karakter.

Ribetnya Huruf Kanji Jepang, Satu Nama Saja Punya 60 Jenis Karakter
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Satu karakter kanji Sai (dari Saito) punya 60 jenis karakter kanji. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Huruf Kanji Jepang terkenal sangat rumit. Satu karakter kanji nama orang saja ada 60 jenis karakter.

Salah masukkan kanji, membentuk nama (walau sama pengucapannya), orang yang bersangkutan mungkin akan tersinggung karena penulisan kanjinya beda.

"Satu contoh misalnya kanji Sai dari nama orang Saito. Karakter Sai, pengucapan juga Sai, ada 60 jenis karakter kanji. Jadi memang ribet sekali kanji itu," kata Suichi Tashiro, Kepala Pusat Penelitian Badan Promosi Internasi Teknologi (IPA) minggu lalu.

IPA bersama Kementerian Ekonomi Perdagangan dan Perindustrian (METI) Jepang sedang terus menyempurnakan kode kanji yang ada terutama yang berasal dari luar Jepang.

Saat ini di database Jepang tercatat sekitar 10.000 data kanji. Padahal jumlah kanji yang ada sedikitnya 60.000 karakter data.

"Itulah sebabnya kami terus mengumpulkan dan mendata memberikan nomor terhadap setiap karakter kanji yang masuk baru tercatat," kata dia.

Baca: Gede Ngurah Astika alias Sandi Otak Pembunuhan Aiptu Suanda

Keterbatasan kanji yang masuk teregistrasi di database komputer Jepang menyebabkan beberapa tempat yang tak terdeteksi kanjinya akhirnya hanya diberikan tanda bundaran, tanpa bisa menjawab bagaimana sebenarnya kanji yang tertulis di daerah kecil.

Misalnya adanya tiga tempat yang ada di Kota Soma Perfektur Fukushima, pada peta komputer hanya diberikan tanda kode bundaran karena tak terdeteksi karakter kanjinya, tidak ada di dalam database komputer Jepang hingga kini.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help