Akihito Kaisar Pertama Jepang yang Duduk Berlutut Menghadapi Korban Bencara Alam

Kaisar Jepang yang ke-125, Akihito untuk pertama kalinya duduk berlutut di depan korban bencana alam di Jepang.

Akihito Kaisar Pertama Jepang yang Duduk Berlutut Menghadapi Korban Bencara Alam
Asahi
Kaisar Akihit.o (84) bersama permaisuri Michiko duduk berlutut menghadapi para korban bencana alam Nagasaki. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kaisar Jepang yang ke-125, Akihito untuk pertama kalinya duduk berlutut di depan korban bencana alam di Jepang.

Diketahui sejak tahun 660 SM hingga kaisar sebelumnya, belum ada yang melakukan hal tersebut terhadap para korban bencana alam.

"Kaisar Akihito yang pertama kali bersama permaisuri, duduk berlutut di depan para korban bencana alam. Sebelumnya tak pernah ada karena berlutut itu hanya saat berdoa kepada Tuhan saja bagi Kaisar di masa lalu," ungkap sumber Tribunnews.com, Kamis (11/1/2018).

Kaisar dan Permaisuri saat mengunjungi daerah bencana erupsi Unzen Fugendake, berlutut di pusat evakuasi dan berbicara langsung kepada para korban pada tanggal 10 Juli 1991, di Sekolah Dasar Shimabara Daiichi di Kota Shimabara-shi, Perfektur Nagasaki.

Baca: Terlibat Pembunuhan 15 Tahun Lalu, Anggota Yakuza Jepang Tertangkap di Thailand

Kunjungan tersebut jelas memberikan dampak sangat besar kepada masyarakat Jepang, menyatakan Kaisar ternyata mau menyatu dengan masyarakatnya dan sangat sederhana, bersahaja dan sangat memperhatikan rakyatnya.

Sehingga Kaisar Akihito semakin dicintai rakyatnya.

"Dari segi praktis menurut kaisar yang saya dengar hanya supaya lebih mudah berkomunikasi, lebih jelas jangan sampai ada salah pengertian dan sekaligus guna memberikan motivasi semangat hidup lebih besar bagi para korban yang tentu banyak yang putus asa atau sangat prihatin dengan situasi dan kondisinya," kata dia.

Kegiatan Kaisar Jepang memang sangat sibuk setiap tahun.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help