Hanya Kota Ini di Jepang Belajar di Kelas Pakai Baju Training Olahraga Terus-menerus

Kota yang berada sekitar 2 jam naik kereta perjalanan ke Tokyo itu memang banyak diwarnai penggunaan baju training olahraga

Hanya Kota Ini di Jepang Belajar di Kelas Pakai Baju Training Olahraga Terus-menerus
Richard Susilo
Sebuah sekolah menengah atas (SMA) di Kashiwa belajar di kelas pakai baju training olahraga, lelaki biru wanita merah. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Sekolah di berbagai tempat, saat belajar di dalam kelas,  umumnya pakai seragam sekolah baik SD, SMP dan SMA. Hal serupa dilakukan di Jepang. Tetapi ada satu kota, Kashiwa di perfektur Chiba, hampir semua SMP dan SMA di sana menggunakan baju training olahraga selama belajar di dalam kelas.

”Kalau di tempat lain memang saat olahraga saja pakai baju training olahraga. Tetapi kalau di Kashiwa kota di Jepang ini memang umumnya pakai baju training olahraga di dalam kelas setiap waktu," papar Kumiko Nakata warga Kashiwa khusus kepada Tribunnews.com Selasa ini (16/1/2018).

Seorang pejabat pemda Kashiwa membenarkan hal tersebut pula kepada Tribunnews.com.

"Kalau pakai pakaian olahraga akan mudah bergerak dan fleksibel, baik belajar di dalam kelas maupun belajar ke luar kelas atau pun mau olahraga bisa jadi satu tak usah repot. Mungkin itu pemikiran selama ini penduduk kashiwa," ungkapnya.

Kota yang berada sekitar 2 jam naik kereta perjalanan ke Tokyo itu memang banyak diwarnai penggunaan baju training olahraga baik atasan maupun bawahannya, dalam kehidupan sehari-harinya.

"Jadi jangan heran kalau di Kashiwa banyak orang menggunakan baju training di mana-mana. Sudah lulus SMA pun masih sering pakai baju training berjalan ke mana-mana di tempat umum, seolah sudah menjadi baju seragam kota Kashiwa."

Meskipun di dalam kelas pakai baju training, namun setiap pagi hari saat murid sekolah berangkat ke sekolah, dan juga setelah pulang sekolah, kembali para murid menggunakan seragam sekolah.

"Jadi kalau kita tiba di sekolah, semuanya menuju loker pakaian masing-masing, lalu ganti baju seragamnya dengan baju training atas bawah, barulah masuk kelas duduk dan memulai pelajaran umum berbagai mata pelajaran."

Saat olahraga tentu saja tak usah berganti baju lagi karena memang sejak pagi sudah pakai baju training.

Begitu terlihat seolah santai sekolah di kota Kashiwa tersebut pakai baju training sehingga guru-gurunya pun banyak yang mengajar pakai baju training di depan kelas.

"Baju training sangat berguna kalau ada bencana alam pula, gempa bumi mendadak, misalnya, sehingga tinggal kabur menghindar dari tempat bahaya atau segera bersembunyi tak usah repot dengan ganji baju lagi," ungkap pejabat pemda Kashiwa lebih lanjut.

Antisipasi berbagai hal tampaknya sudah jadi satu dengan menggunakan baju training olahraga, yang dianggapnya prakris tak usah bergonta ganti dalam belajar di sekolah dan juga antisipasi bencana alam juga tak perlu repot.

Tak heran muncul kompetisi antar seragam baju traning di kota Kashiwa, mana yang terbaik desain, model dan penampilan baju training antar sekolah di sana dalam sebuah kompetisi.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help