Lembaga Riset Jalan Tol Jepang Temukan Banyak Fungsi Pohon Rembet Tsuta

Ternyata pemasangan tembok untuk tsuta merupakan hasil penelitian dari Pusat Penelitian Teknologi Laboratorium Penghijauan Jalan Raya (highway) Jepang

Lembaga Riset Jalan Tol Jepang Temukan Banyak Fungsi Pohon Rembet Tsuta
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Sebuah jalan tol di Jepang yang kanan kiri ditembok khusus untuk rembetan pohon tsuta (Parthenocissus tricuspidata) sejenis pohon anggur dengan fungsi beraneka ragam. Insert: Gambar pohon tsuta. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Tidak sedikit jalan tol di Jepang yang bagian kanan dan kirinya ditembok tinggi batako dan sengaja dirembeti pohon sejenis pohon anggur yang di Jepang disebut tsuta (Parthenocissus tricuspidata).

"Perhatian bukan pada tembok karena tembok itu bisa dibuat murah sekali bahan yang sederhana. Batu murah itu hanya untuk perantara saja supaya bisa ditumbuhi tsuta rembetan pohon anggur sampai lebat menutupi semua tembok itu," kata seorang peneliti sumber Tribunnews.com, Selasa (16/1/2018).

Ternyata pemasangan tembok untuk tsuta merupakan hasil penelitian dari Pusat Penelitian Teknologi Laboratorium Penghijauan Jalan Raya (highway) Jepang, yang dilakukan sejak tahun 1972 sampai tahun 2002.

Hasilnya ternyata sangat mengejutkan.

Ternyata tumbuhan itu bukan hanya untuk keasrian lingkungan, menghisap CO2, membersihkan udara sekitar, tetapi masih banyak fungsi lain dan keunggulan dari tsuta.

Baca: Bupati Talaud Sri Wahyumi Melawan, Tetap Masuk Kantor Meski Sudah Dinonaktifkan

Manfaat lain selain menghasilkan anggur, bisa saja dimakan kalau berbuah.

Ternyata hasil penelitian adalah, dengan rembetan pohon tsuta yang memenuhi tembok pinggir jalan tol, kedap suara terhadap sekeliling sangat baik, sehingga rumah-rumah yang berada di samping jalan tol tidak berisik lagi.

Suara keributan jalan raya tol teredam oleh rembetan pohon anggur tersebut.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help