Akhir Januari Jepang akan Dilengkapi 42 Unit Pesawat Tempur Stealth F35

Pesawat tempur canggih Stealth F35 buatan Amerika Serikat dengan mesin Mitsubishi Heavy Industries Jepang akan digunakan sebanyak 42 unit.

Akhir Januari Jepang akan Dilengkapi 42 Unit Pesawat Tempur Stealth F35
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Pesawat Stealth F35 yang akan dipakai pasukan angkatan udara Jepang (ASDF) mulai akhir Januari 2018. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pesawat tempur canggih Stealth F35 buatan Amerika Serikat dengan mesin Mitsubishi Heavy Industries Jepang akan digunakan sebanyak 42 unit mulai akhir Januari 2018.

"Pesawat akan dioperasikan mulai dari pangkalan udara militer di Misawa Perfektur Aomori mulai akhir bulan Januari 2018," ungkap sumber Tribunnews.com, Sabtu (20/1/2018).

Pesaawat yang akan dipakai oleh pasukan Angkatan Udara Bela Diri Jepang (ASDF) itu akan diperlengkapi dalam waktu dekat dengan peluru kendali (rudal) jelajah jarak jauh buatan Norwegia dengan nama JSM (Joint Strike Missile) yang bisa menjelajahi jarak 500 kilometer.

Baca: Di Jalan Sini, ya Cuma Bambang Soesatyo yang Punya Mobil-mobil Keren

Satu pesawat dengan harga 15 miliar yen yang juga akan menggantikan pesawat tempur lama 9 unit di pangkalan Misawa mulai tahun fiskal mendatang.

Rudal jarak jauh tersebut juga disebut sebagai "enemy base attack" di mana memungkinkan menghajar pusat musuh yang menjadi target program rudal tersebut.

Jadi bukan hanya menghajar peluru kendali lawan juga sekaligus bisa mendeteksi tempat sumber peluncuran rudal lawan dan menghancurkannya.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help