Korsel Sibuk Siapkan Olimpiade, Korut Malah Sibuk Buat Parade Militer di Hari Sama 8 Februari

Pemimpin Korut yang akan hadir di Korsel mendapat tentangan sangat keras berupa unjuk rasa besar

Korsel Sibuk Siapkan Olimpiade, Korut Malah Sibuk Buat Parade Militer di Hari Sama 8 Februari
Richard Susilo
Rudal Korea Utara saat parade militer bulan Mei 2017 di hadapan berbagai wartawan asing di Pyongyang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYOKorea Selatan (Korsel) saat ini sangat sibuk menyiapkan Olimpiade Pyeongchang yang akan dibuka 8 Februari 2018. Namun Korea Utara justru di hari yang sama sibuk dengan parade militernya yang biasanya dilakukan 25 April.

"Tanggal 25 April itu adalah hari angkatan bersenjata militer Korut, peringatan saat militer mulai dibentuk di Korut, makanya selalu dilakukan parade militer besar di sana," papar Buntaro Kuroi (55) wartawan militer Jepang Rabu ini (24/1/2018).

Kelahiran Iwaki Fukushima dan lulusan universitas negeri Yokohama itu melihat aksi Korut kali ini menyelenggarakan kegiatan besar-besaran di tanggal 8 Februari supaya berimbang dengan kemeriahan pembukaan  Olimpiade musim dingin di Korsel di hari yang sama.

Pemimpin Korut yang akan hadir di Korsel mendapat tentangan sangat keras berupa unjuk rasa besar hari ini di Korsel antara lain pembakaran gambar Kim Jong Un Pemimpin Korut, di Seoul saat demonstrasi di sana Rabu ini (24/1/2018).

"Banyak warga Korsel menentang kerjasama kedua Korea untuk penyelenggaraan Olimpiade tersebut, apalagi mendengar kunjungan Pemimpin Korut ke Korsel, semakin marah orang Korsel tampaknya akan hal itu, tambahnya.

"Korut tampaknya tak mau kalah muka dengan Korsel 8 Februari endatang. Meskipun pembukaan di Korsel tetapi sengaja hari peringatan angkatan bersenjata Korut dan parade militer besar-besaran akan dilakukan 8 Februari, bergeser dari yang biasanya dilakukan 25 April," tekannya lagi.

Dengan kegiatan besar-besaran tersebut, tambahnya, Korut dan warganya diperkirakan akan sama-sama dan sejajar dengan Korsel melakukan kegiatan yang meriah dan membahagiaan rakyatnya bersama, meskipun di bidang yang lain.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help