Pertama Kalinya Pesumo Georgia Rusia Menangkan Kejuaraan Nasional Sumo di Tokyo Jepang

Pesumo asing pertama dari Georgia Rusia, Levan Gorgadze atau Tochinoshin (30) berhasil memperoleh Emperor Cup (piala Kaisar Jepang).

Pertama Kalinya Pesumo Georgia Rusia Menangkan Kejuaraan Nasional Sumo di Tokyo Jepang
Daily Sports
Tochinoshin (30) pesumo asal Georgia Rusia melakukan jumpa pers, Senin (29/1/2018). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pesumo asing pertama dari Georgia Rusia, Levan Gorgadze atau Tochinoshin (30) berhasil memperoleh Emperor Cup (piala Kaisar Jepang) karena memenangkan kejuaraan sumo nasional, Minggu (28/1/2018) di Tokyo.

"Bahagia sekali saya bisa jadi juara. Tadinya saya mau mengundurkan diri setelah terkilir berat tahun 2013, dan sekarang rasanya mau istirahat panjang capai sekali rasanya," kata Tochinoshin dalam jumpa pers, Senin (29/1/2018).

Nino, istrinya dan anaknya yang baru lahir Anastasia, menunggu di rumahnya di Georgia bersama ibunya yang sangat berharap bertemu segera dengan Tochinoshin.

"Kami dan bahkan anak ini juga belum pernah bertemu dengan ayahnya. Kami sangat bahagia tetapi ingin segera rasanya bertemu dengan ayahnya," kata Nino sang istri kepada wartawan.

Baca: Jet Coaster Kayu Terbesar Dunia di Perfektur Mie Jepang Ditutup Setelah 24 Tahun Beroperasi

Pada final kejuaraan kemarin, Tochinoshin terdorong ke tepi, tapi ia memaksa dirinya untuk memaksa Endo (9-6) keluar dari ring di Ryogoku Kokugikan di Tokyo.

Upayanya membuahkan hasil serta mendapat tepuk tangan sangat meriah dari banyaknya penonton yang hadir kemarin.

Pesumo maegashira peringkat ketiga, Tochinoshin, selain piala dari kaisar dan juara sumo kemarin, juga mendapat penghargaan Outstanding Performance pertamanya dan Hadiah Teknik, hadiah keduanya, hal yang pertama sejak kejuaraan sumo Mei 2016.

Dialah pesumo pertama yang memenangkan dua penghargaan dalam satu pertemuan sejak kejuaraan musim semi sumo tahun 2015.

Baca: Pengakuan Dewi Soekarno: Pernah Dilamar 2 Juta Orang Kaya Amerika Sebelum Akhirnya Dinikahi Soekarno

Satu-satunya kekalahan Tochinoshin terjadi pada hari ke-7 melawan Yokozuna Kakuryu, yang melemparkan Ozeki Goeido (8-7) untuk mematahkan empat kekalahan beruntun dan berakhir pada 11-4.

Kakuryu, yang karirnya diliputi oleh cedera tahun lalu, mampu menyelesaikan pertemuan untuk pertama kalinya sejak Maret 2017.

Dalam kejuaraan Sumo kali ini, Kokuryu adalah satu-satunya yokozuna (pesumo tertinggi) yang tersisa di turnamen tersebut setelah Hakuho dan Kisenosato ditarik keluar karena cedera.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help