BBC

Rebut medali emas, atlet gay catat sejarah di Olimpiade

Atlet Kanada Eric Radford mencatat sejarah sebagai atlet yang mengaku gay secara terbuka pertama yang meraih emas Olimpiade Musim Dingin.

Atlet Kanada Eric Radford mencatat sejarah sebagai atlet yang mengaku gay secara terbuka pertama yang meraih emas Olimpiade Musim Dingin.

Radford mengaku 'meledak dalam kebanggaan' setelah meraih emas dalam nomor figure skating beregu bersama pasangannya Meagan Duhamel.

Peselancar AS Adam Rippon, atlet gay terbuka pertama yang masuk tim Olimpiade Musim Dingin AS, memenangkan perunggu di nomor yang sama yang berlangsung di Gangneung Ice Arena.

Setelah kemenangannya, Radford, 33, menulis di Twitter: "Ini luar biasa! Saya sungguh merasa seperti mau meledak dalam kebanggaan."

Kemudian, dia mencuitkan foto bersama Adam Rippon, keduanya sedang tersenyum dengan menambahkan tagar"#outandproud" -melela dan bangga.

The Canadian skating team pose with their gold medals
Andreas Rentz/Getty Images
Peraih medali emas (dari kiri ke kanan) Patrick Chan, Gabrielle Daleman, Kaetlyn Osmond, Meagan Duhamel, Eric Radford, Tessa Virtue dan Scott Moir.

Mantan atlet Kanada dan advokat LGBT, Mark Tewksbury, yang memenangkan medali emas renang pada tahun 1992, mengirim ucapan selamatnya.

"Akhirnya pada 2018 seorang pria gay terbuka berada di puncak podium," katanya. "Tidak ada lagi pengucilan untuk atlet LGBT!!"

https://twitter.com/Rad85E/status/963024289300602881?ref_src=twsrc%5Egoogle%7Ctwcamp%5Eserp%7Ctwgr%5Etweet

Beberapa dekade sebelum Radford dan Rippon, atlet gay Inggris, John Curry memenangkan medali emas skating di Olimpiade Musim Dingin 1976 di Innsbruck. Tapi seksualitasnya tidak diumumkan, sampai kemudian diungkapkan oleh sebuah surat kabar Jerman tak lama kemudian.

Banyak pengguna Twitter mempertanyakan apa bedanya jika Radford gay atau straight.

Halaman
12
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved