Kepala Kepolisian Jepang yang Baru Sangat Dekat Dengan Indonesia

Kuryuu satu tahun lebih muda daripada kepala polisi Jepang sebelumnya Masayoshi Sakaguchi (60).

Kepala Kepolisian Jepang yang Baru Sangat Dekat Dengan Indonesia
Ist
Kepala Kepolisian Jepang yang baru, Shunichi Kuryuu (59) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Tanggal 18 Januari 2018 kepala kepolisian Jepang yang baru, Shunichi Kuryuu (59) ternyata sangat dekat dengan Indonesia.

"Dia pernah jadi Sekretaris PM Jepang saat dijabat Yasuo Fukuda. Sedangkan Fukuda adalah Ketua Asosiasi Persahabatan Indonesia Jepang saat ini," papar sumber Tribunnews.com Sabtu ini (17/2/2018).

Kuryuu satu tahun lebih muda daripada kepala polisi Jepang sebelumnya Masayoshi Sakaguchi (60). Namun prestasi internasional Kuryuu ternyata jauh lebih besar daripada pendahulunya.

Kelahiran Tokyo ini lulusan Universitas Tokyo, kariernya memuncak saat menghancurkan mafia Jepang (Yakuza) di Fukuoka yang cukup ganas yaitu Kudokai.

Upayanya menghancurkan Kudokai terutama lewat kesalahan mereka di bidang perpajakan sehingga empat pimpinan Kudokai mulai Nomor Satu big bos Nomura sampai tiga pimpinan lainnya, terseret masuk penjara saat ini.

Polisi yang sangat serius ini tampaknya juga menguasai bahasa Rusia dan ada kemungkinan belajar menghancurkan Yakuza dari kepolisian Rusia yang sangat canggih menghadapi mafia Rusianya.

Memasuki badan kepolisian Jepang, mulai bekerja tanggal 1 April 1981 setelah lulus dari Universitas Tokyo dan mulai berkenalan dengan Asia Tenggara mulai September 1985.

Mulai tahun 2000 awal Kuryuujuga aktif dan pernah ke Indonesia dalam proyek kerjhasama dengan Kepolisian Bekasi dan terlibat di dalam kegiatan Kepolisian Asean.

Agustus 2016 menjabar sebagai Direktur Tindak kejahatan, ahli menghadapi Yakuza, dan sejak dua tahun terakhir ini kariernya terus melonjak pesat sehinggga 18 Januari 2018 menjabat sebagai Kepala Kepolisian Jepang.

Pernah bekerja di Kedubes Jepang di India dan di Washington Amerika Serikat.

Demikian pula saat Presiden Amerika Donald Trump ke Jepang sebagai Kepala   (Koordinator) kepolisian di Jepang.

Selain itu Kuryuu juga pernah menjabat Kepala kepolisian di Perfektur Tokushima dan di Osaka.

Inilah  polisi dengan wawasan internasional  yang dapat berbahasa Inggris dengan baik dan memiliki filosofi sangat menarik.

Menurutnya, Bangun Pagi sangat baik untuk menghadapi hukum, "Healthy Law gets up early hours, I do not like the evening society at all."

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved