Skandal Rencana Pernikahan Cucu Kaisar Jepang di Ujung Tanduk karena Ditentang Masyarakat

Rencana Pernikahan yang ditunda diumumkan 6 Februari lalu, diundur menjadi tahun 2020, ternyata terkait masalah sangat pribadi

Skandal Rencana Pernikahan Cucu Kaisar Jepang di Ujung Tanduk karena Ditentang Masyarakat
Richard Susilo
Kei Komuro (kiri) dan ibunya, Kayo Komuro (51) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Calon suami Puteri Mako, cucu Kaisar Jepang mengundurkan jadwal pernikahan. Ternyata ada sesuatu yang tampaknya sangat mengganjal pernikahan tersebut terkait keluarga Komuro yang dianggap masyarakat Jepang "tidak layak" untuk menikahi cucu Kaisar. Ada apa dengan rencana pernikahan tersebut?

"Rencana Pernikahan yang ditunda diumumkan 6 Februari lalu, diundur menjadi tahun 2020, ternyata terkait masalah sangat pribadi keluarga Komura sehingga tampaknya keluarga kekaisaran perlu penyelesaian terlebih dulu hal tersebut," ungkap sumber Triobunnews.com hari Minggu  (18/2/2018).

Sebuah media Hong Kong sempat mengusut ternyata kakek Kei Komuro, calon suami Puteri Mako, dari Korea, setidaknya keturunan Korea, sehingga cukup dipertanyakan kepantasannya menikah dengan garis darah kekaisaran Jepang.

Hal itu masih belum menjadi masalah besar. Ternyata setelah pengusutan  media Jepang (shukan josei, shukan shinpo, shukan asahi, shukan bunshun, dan lainnya) mengungkapkan dua hal yang cukup mengejutkan.

Pertama, ibu Komuro, Kayo Komuro (51) diperkirakan bermain mata dengan beberapa lelaki dengan target mendapatkan uang. Salah satunya lelaku berusia 68 tahun yang dikenalnya tahun 2007 dan mendapatkan uang skeitar  4,3 juta yen. Uang tersebut antara lain untuk menyekolahkan Komuro ke Amerika Serikat.

Kedua, uang tersebut menurut ibu Komuro diberikan gratis kepadanya, bukan pinjaman. namun  kini lelaki 68 tahun  yang memberikan uang tersebut   tampaknya menuntut balik uangnya yang dianggapnya bahwa ibu Komuro berhutang kepada sang pria.

Di masa lalu, sebelum muncul persetujuan dari Kaisar Jepang untuk pernikahan keduanya, ayah Puteri Mako, Pangeran Akishinomiya sempat menanyakan langsung kepada Komuro. "Apakah ada sesuatu hal apa pun juga yang mau kamu sampaikan kepada kami supaya di masa depan tidak ada masalah dengan pernikahan ini?"

Saat itu Komuro menyatakan tidak ada yang disampaikan, karena  semua baik-baik saja termasuk keluarganya.

Pangeran Akishinomiya dan pihak kekaisaran tampaknya juga tidak melakukan pengusutan mendetil terhadap Komuro beserta keluarganya. Setidaknya dianggap masalah privasi Komuro sehingga tim khusus  kekaisaran tidak melakukannya.

Halaman
123
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help