Antam Tandatangani Kerjasama Jual-Beli Dengan MKK, Jual 200 Kg Emas Per Bulan ke Jepang Setahun

Penjualan emas Antam menurutnya selama ini sekitar 90% di dalam negeri dan 10% ke luar negeri.

Antam Tandatangani Kerjasama Jual-Beli Dengan MKK, Jual 200 Kg Emas Per Bulan ke Jepang Setahun
Richard Susilo
Penandatangan kerjasama jual beli emas antara PT Antam diwakili Dirutnya Arie Prabowo Ariotedjo (kiri) dengan Presiden MKK Co.Ltd., Akitaka Morita (kanan) disaksikan Dubes Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif (tengah). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - PT Antam menandatangani kerjasama dengan MKK Co. Ltd untuk pembelian 200 kilogram emas per bulan dari Antam untuk selama jangka waktu setahun dan dilakukan penjualan di Jepang.

"Ini bagian dari strategi kita untuk meningkatkan penjualan emas khususnya ke Jepang," ungkap Arie Prabowo Presdir PT Antam khusus kepada Tribunnews.com sore ini (27/2/2018).

Penjualan emas Antam menurutnya selama ini sekitar 50% di dalam negeri dan 50% ke luar negeri.

Pasar luar negeri yang 50% tersebut 90% dipasarkan ke Singapura, sedangkan sisanya ke negara lain seperti Jepang.

"Jepang akan jadi pasar premium kita karena memang sangat potensial sekali untuk peningkatan penjualan emas di masa depan dan selama ini sejak jual beli dilakukan Desember tahun lalu tampak adanya peningkatan penjualan dengan lebih baik di dalam pasar yang khas Jepang ini," tambah Arie lagi.

Di masa depan bukan tidak mungkin kantor perwakilan Antam yang akan bergabung bersama Inalum dan perusahaan lain, membuka kembali kantornya di Tokyo.

Di masa lalu ada kantor perwakilan Antam di Tokyo tetapi ditutup sejak dua tahun lalu karena kerugian antam cukup besar sekitar 100 miliar rupiah saat itu.

"Namun sejak tahun lalu Antam sudah mulai untung lagi sekitar 64 miliar rupiah dan ini satu pertanda yang sangat baik bagi perkembangan Antam di masa depan. Saya sendiri baru menjadi Presdir tahun 2018 ini," tambahnya.

Arie mengakui saat ini barang tambang seperti Nikel, Emas dan sebagainya lagi naik kembali, harga bagus sejak harga minyak juga semakin meningkat kembali.

Penandatangan kerjhasama jual beli tersebut disaksikan langsung oleh Dubes Indonesia untuk Jepang, Ir. Arifin Tasrif di aula kedutaan besar Republik Indonesia di Tokyo sore ini (27/2/2018).

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved