BBC

Wartawan BBC mengaku 'dilecehkan secara seksual' oleh politikus Rusia

Seorang wartawan BBC mengaku bahwa ia pernah mendapat pelecehan seksual dari politikus senior Rusia, Leonid Slutsky, sebagaimana diderita dua

Seorang wartawan BBC mengaku bahwa ia pernah mendapat pelecehan seksual dari politikus senior Rusia, Leonid Slutsky, sebagaimana dialami dua jurnalis peremuan lain.

Farida Rustamova yang bekerja untuk BBC Russia adalah jurnalis ketiga yang secara terbuka menuduh sang politikus berperilaku tidak senonoh.

Namun Slutsky membantah semua tuduhan dan mengancam akan memperkarakan para perempuan tersebut ke pengadilan untuk pencemaran nama baik.

Di Rusia tidak terjadi gelombang pukulan terhadap perilaku pelecehan seksual sebagaimana yang terjadi di Amerika Serikat dan Eropa Barat menyusul terungkapnya pelecehan oleh sejumlah tokoh terkenal.

Kehilangan kata-kata

Rustamova membuat rekaman suara kejadian yang menimpanya, yang terjadi setahun yang lalu. BBC memiliki rekamannya, tapi memutuskan untuk tidak mempublikasikannya.

Pada tanggal 24 Maret 2017, Farida Rustamova mengunjungi Leonid Slutsky, kepala komite urusan luar negeri Duma, di kantor parlemen untuk meminta tanggapan atas kunjungan Marine Le Pen calon presiden Prancis saat itu.

Dalam percakapan, Slutsky tiba-tiba mengubah topik pembicaraan dan bertanya apakah Rustamova akan mau meninggalkan BBC dan bekerja untuknya.

Ketika Rustamova menolaknya, Slutsky mengomel dengan mengatakan "Anda berusaha menjauh dari saya. Anda tidak ingin berciuman dengan saya, Anda menyakiti perasaan saya."

Dalam rekaman tersebut, terdengar Rustamova menjelaskan bahwa ia sudah punya pacar yang ia harapkan akan dinikahinya.

"Bagus, Anda akan menjadi istrinya, dan menjadi simpanan saya," kata Slutsky.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help