Inilah Sosok Direktur CIA yang Ditunjuk Trump Jadi Menlu Amerika Serikat

Mike Pompeo, Direktur Badan Pusat Intelijen Amerika Serikat ( CIA) saat ini, akan mengisi jabatan Menteri Luar Negeri AS.

Inilah Sosok Direktur CIA yang Ditunjuk Trump Jadi Menlu Amerika Serikat
net
Mike Pompeo 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Mike Pompeo, Direktur Badan Pusat Intelijen Amerika Serikat ( CIA) saat ini, akan mengisi jabatan Menteri Luar Negeri AS.

Seperti diketahui, Presiden AS Donald Trump telah memecat Rex Tillerson sebagai menlu.

Baca: Cara Enyahkan Lemak yang Menumpuk di Pinggang

Kini, posisinya siap digantikan oleh Pompeo. Sebagai menlu, Pompeo akan menghadapi tugas yang sangat sulit untuk mempertahankan hubungannya dengan Trump tanpa mengesampingkan Partai Demokrat dan sekutu lainnya.

Dia harus menghidupkan kembali kementerian yang mengalami pergolakan selama satu tahun, dan menyelesaikan kebuntuan dengan Korea Utara, Iran, dan Rusia.

Lalu bagaimana sepak terjang Pompeo sehingga Trump mempercayakan dia menjabat posisi yang strategis?

Lahir di California, pada 30 Desember 1963, Pompeo merupakan seorang Kongres Partai Republik garis keras sebelum Trump menunjuknya sebagai direktur CIA.

Dia merupakan lulusan Sekolah Hukum Harvard dan menjadi redaktur di Havard Law Review.

Pompeo juga sempat menikmati karir di Angkatan Darat. Sebelum bergabung dengan kongres, dia mendirikan perusahaan suku cadang pesawat dan perusahaan pemasok ladang minyak.

Dia terpilih menjadi anggota House of Representative (DPR AS) pada 2010 dengan dukungan dari donatur besar di Partai Republik, Charles dan David Koch.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved