Pengacara Jepang Juga Bingung Dengan Peraturan Yang Ada di Indonesia

Saya bingung peraturan di Indonesia suka berubah-ubah lain orang lain dokumen

Pengacara Jepang Juga Bingung Dengan Peraturan Yang Ada di Indonesia
Richard Susilo
Pengacara Kazuhiko Nishihara (46) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS. COM, Tokyo - Pengacara profesional Jepang ini juga bingung saat membantu mengurusi klien nya di Indonesia.

"Saya bingung peraturan di Indonesia suka berubah-ubah lain orang lain dokumen yang mesti disiapkan," papar pengacara Kazuhiko Nishihara (46) khusus kepada Tribunnews.com siang ini, Sabtu (17/3/2018).

Pengacara yang sudah bergerak di bidang hukum selama 15 tahun ini baru sejak tahun 2015 berkenalan dengan Indonesia.

"Sebelumnya saya memang punya perhatian besar dengan Indonesia karena negara yang besar, ribuan perusahaan Jepang investasi di Indonesia dan perekonomian nya yang terus semakin baik maupun negaranya yang stabil."

Baca: Beli Astrea Grand Rp 3 Juta Lalu Dilego Rp 80 Juta, Tian: Saya Enggak Sangka Seheboh Ini

Setelah bertemu di dalam sebuah acara internasional di Shanghai dengan seorang pengacara Indonesia, sejak saat itulah dirinya kerjasama dengan pengacara Indonesia tersebut hingga kini.

"Saya juga mendengar dari teman di Indonesia sepertinya itu juga bagian dari budaya di Indonesia yaitu berbagai perubahan yang sering terjadi di bidang peraturan saat ini. Kalau peraturan sering berubah dan kenyataan di lapangan berbeda dengan peraturan yang ada, jelas ini akan merepotkan banyak pihak Jepang."

Lulusan universitas Kyoto dan universitas Northwestern di Amerika Serikat tersebut mengakui kliennya 30% untuk urusan luar Jepang saat ini dan sisanya persoalan hukum di Jepang.

"Kalau di Jepang semua serba jelas dan bisa dilihat apa yang akan terjadi dalam pengurusan bisnis dan dampak hukumnya. Demikian pula soal perpajakan di Jepang sangat jelas ketentuan dan praktik nya juga," tambahnya.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved