Walau Kemungkinan Sedikit Jepang Sangat Berharap Amerika Serikat Gabung Kembali ke TPP

Sedikit apa pun kemungkinan yang ada, kami tetap sangat berharap AS kembali bergabun

Walau Kemungkinan Sedikit Jepang Sangat Berharap Amerika Serikat Gabung Kembali ke TPP
Richard Susilo
Menteri Pertanian Kehutanan dan Perikanan Jepang Ken Saito (58) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS. COM, Tokyo - Pada saat Amerika Serikat (AS) mengumumkan meninggalkan TPP ( Trans-Pacific Partnership ) pemerintah Jepang sangat kaget luar biasa dan bahkan sampai kini pun masih terasa kaget yang besar itu sehingga tetap berharap AS bisa kembali bergabung lagi ke TPP.

"Sedikit apa pun kemungkinan yang ada, kami tetap sangat berharap AS kembali bergabung lagi ke dalam TPP yang sejak awal dirintisnya bahkan Jepang berjuang keras untuk ikut menjadi membernya pula," papar Menteri Pertanian Kehutanan dan Perikanan Jepang Ken Saito (58) sore ini, Senin (19/3/2018).

Setelah Jepang bergabung, "Bahkan dengan mengorbankan partai liberal demokrat (LDP) banyak kalah di daerah Tohoku, sebelah utara Jepang saat pemilihan umum di sana, Jepang berjuang keras supada bisa diterima rakyatnya mendukung pemerintah memasuki TPP. Eh, pas rakyat Jepang sedikit demi sedikit sudah mulai banyak menerima dan Jepang sudah sepakat memasuki TPP, malahan AS mengeluarkan diri. Jelas kami sangat kaget, terkejut bukan main. Olehkarena itu sampai detik ini pun Jepang sangat berharap AS kembali bergabung lagi ke dalam TPP menjadi anggota ke-12 karena dengan bergabungnya AS ke TPP dunia akan semakin kuat diyakini dalam perdagangan bebas akan semakin baik," paparnya lagi.

Kerjasama dengan berbagai negara di bidang perdagangan bebas terutama bidang pertanian dilakukan. Yang paling berat dan mengalami keterlambatan menurutnya dengan pihak Masyarakat Eropa (EU).

"Namun kini juga muncul kerjasama peredagangan bebas dalam kerangka Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) baik negara-negara Asean plus China plus Korea Plus India, Plus Jepang, Plus Selandia Baru dan Australia. Perimbangan semua negara ini akan lebih baik lagi kalau AS ikut bergabung kembali ke TPP," tekannya lebih lanjut.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help