Ninkyo Yamaguchigumi Akhirnya Diakui Polisi Sebagai Organisasi Baru Sindikat Kejahatan di Jepang

Ninkyo Yamaguchigumi akhirnya diakui oleh kepolisian Jepang sebagai organisasi mafia Jepang (yakuza) baru dengan jumlah anggota 460 orang.

Ninkyo Yamaguchigumi Akhirnya Diakui Polisi Sebagai Organisasi Baru Sindikat Kejahatan di Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Bos Ninkyo Yamaguchigumi, Yoshinori Oda atau Yoshinori Kin, kelahiran Osaka, 23 Oktober 1966. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Hampir setahun sejak pembentukan Ninkyo Yamaguchigumi/NY (dulu bernama Ninkyo Dantai Yamaguchigumi) tanggal 30 April 2017, sejak Kamis (22/3/2018) akhirnya diakui resmi oleh kepolisian Jepang sebagai organisasi mafia Jepang (yakuza) baru dengan jumlah anggota 460 orang.

"Sejak kemarin diakui sebagai organisasi yakuza ke-23, berarti polisi dengan mudah dapat mengeluarkan perintah untuk menghentikan kegiatan kekerasan apabila terbukti melakukannya," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (23/3/2018).

Kantor pusatnya tercatat di Kota Amagasaki, Perfektur Hyogo, yang terkenal sebagai kota kumuh banyak pengangguran dan praktik prostitusi di Jepang.

Baca: Penggerebekan Pabrik Narkoba di Denpasar Berawal dari Penangkapan Krisna Andika

Sebelumnya Oda dan gengnya dianggap hanya sebagai keributan internal dari Kobe Yamaguchigumi (KY).

Sedangkan KY sendiri pecahan dari Yamaguchigumi, 13 pimpinannya dipecat oleh bos yamaguchigumi Shinobu Tsukasa sehingga akhirnya membentuk KY tanggal 27 Agustus 2015.

Saat itu Oda sebagai orang nomor dua di KY setelah Kunio Inoue yang memimpin KY sekaligus bos Yamaken gumi, kelompok terbesar selama ini di Yamaguchigumi.

Kembali karena masalah uang dan sikap Inoue yang tak bisa ditolerir Oda, akhirnya dia memecahkan diri membentuk NY 30 Aoril 2017 bersama bos Ikeda-gumi, Koji Ikeda (50) sebagai orang nomor di NY.

Baca: Mantan Direktur Mainichi Shimbun Osaka Jepang Ditangkap Polisi karena 49 Kali Mencuri

Informasi mengenai yakuza bisa mengikuti seminar yakuza April mendatang di Jakarta dapat mendaftar ke: yakuzaindonesia@ymail.com (Subject: Seminar Yakuza) dengan pembicara salah satu mantan bos Yamaguchigumi.

Info lengkap yakuza dapat dilihat di www.yakuza.in.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help