Jepang Dirikan Lembaga Penelitian Pelajari Tanggungjawab Kecelakaan Terhadap Mengemudi Otomatis

Saat ini sudah waktunya agar secepat mungkin diperjelas hukum bagi mengemudi otomatis

Jepang Dirikan Lembaga Penelitian Pelajari Tanggungjawab Kecelakaan Terhadap Mengemudi Otomatis
NHK
Para profesor dari Universitas Meiji melakukan jumpa pers kemarin (28/3/2018). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Mobil otomatis tanpa pengendara, atau mobil yang telah terprogram bisa mengemudi sendiri dari satu tempat ke tempat lain, mulai bermunculan di Jepang. Namun tata krama pengaturan hukumnya masih belum jels seandainya terjadi kecelakaan.

"Sementara uji coba teknis berlangsung dan sudah ada yang menjalankan pula, diskusi mengenai mobil otomatis ini belumlah mencapai kemajuan berarti terutama dari segi hukum," papar Professor Koji Nakayama, kemarin, Rabu (28/3/2018) anggota dewan ahli nasional mengenai mengemudi otomatis yang terpilih sebagai Direktur (Kepala) Badan Penelitian Masyarakat Mengemudi Otomatis Jepang.

Saat ini sudah waktunya agar secepat mungkin diperjelas hukum bagi mengemudi otomatis, mobil yang berjalan tanpa pengemudi, sejauh mana sanksi hukum dan aturan hukumnya.

"Di Amerika Serikat sudah ada korban kejadian kecelakaan terhadap seseorang akibat sebuah mobil otomatis menabrak seseorang. Mereka pun masih bingung tampaknya menghadapi hukum yang akan diterapkan bagi mobil otomatis ini," tambahnya.

Universitas Meiji membentuk Badan Penlitian Masyarakat Mengemudi Otomatis Jepang dan berusaha mengumpulkan para ahli mendiskusikan dan membentuk norma hukum yang lebih nyata dan jelas agar apabila terjadi kecelakaan dapat segera melakukan antisipasi terhadap korban dan pengguna mobil otomatis.

Klarifikasi akan dibuat oleh badan penelitian tersebut agar tercipta hukum positif yang jelas.

Badan ini terdiri dari kalangan hukum, asuransi, sistim transportasi, para profesor yang bergerak di bidang permobilan otomatis dan juga ahli lain terkait hukum etika dan transportasi mobil otomatis.

Pemerintah telah memulai penggunaan praktis teknologi "Level 3" dimana pengendara otomatis dengan mengecualikan darurat di jalan tol pada tahun 2020 dan masa depan diskusi ini akan menjadi perhatian masyarakat dan pemerintah Jepang dalam waktu dekat.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help