Uang Setoran Yakuza Jepang Per Bulan 50.000 Yen per Orang dan Dua Yamaguchigumi Kemungkinan Bersatu

Apalagi setelah dua pimpinan NY ditangkap baru-baru ini karena kasus pemerasan dan penipuan

Uang Setoran Yakuza Jepang Per Bulan 50.000 Yen per Orang dan Dua Yamaguchigumi Kemungkinan Bersatu
Richard Susilo
Bos Ninkyo Yamaguchigumi, Yoshinori Oda atau Yoshinori Kin, kelahiran Osaka, 23 Oktober 1966. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Kesulitan di dunia mafia Jepang (yakuza) dengan semakin ketatnya pengawasan pihak kepolisian mengakibatkan banyak restrukturisasi dilakukan di dalam kelompok yakuza. Yang tak berprestasi mental ke luar, diganti jabatannya oleh orang lain.

”Perlahan-lahan banyak perubahan di dalam kelompok Yamaguchigumi dan Ninkyo Yamaguchigumi (NY)," papar sumber Tribunnews.com Kamis ini (29/3/2018).

Apalagi setelah dua pimpinan NY ditangkap baru-baru ini karena kasus pemerasan dan penipuan,  Makoto Manabe dan Koji Ikeda, muncullah restrukturisasi pergantian pengurusan di NY.

Wakagashira (orang nomor dua) di Generasi Kedua Kenshinkai, Masaji Sakamoto yang juga pimpinan Sugihidekai yang berada di bawah payung Yamaguchigumi, akhirnya ke luar menjadi pemimpin Generasi Ketiga Kenshinkan dan bergabung ke NY.

Sementara itu ada kemungkinan NY pun ada kemungkinan akan kembali bergabung lagi ke Yamaguchigumi dalam waktu mendatang, ungkap sumber itu lagi.

Selain itu sumber uang Jonokin, setoran dari member yakuza bawah ke pimpinannya juga semakin turun karena Yakuza semakin sulit cari uang.

Kini dari member ke atasannya per orang per bulan skeitar 50.000 yen, tapi Yoshinori Oda (masih ketirunan Korea)  pimpinan NY memberikan 100.000 yen per bulan kepada kelompoknya sendiri, sebagai upaya untuk menjaga gengsinya sebagai pemimpin NY serta memberikan contoh kepada bawahan mengenai disiplin organisasi.

NY sendiri sejak 22 Maret 2018 telah diakui oleh kepolisian Jepang sebagai organisasi yakuza baru yang ke-23 setelah pecah dari Kobe Yamaguchigumi (KY) tanggal 30 April 2017. Oda sendiri berasal dari Yamaken gumi, wakagashira, wakilnya Kunio Inoue bos Yamaken gumi yang juga bos KY saat ini, kena tahanan polisi saat ini karena pemalsuan surat kendaraan bermotor.

Informasi mengenai yakuza bisa mengikuti seminar yakuza April mendatang di Jakarta dapat mendaftar ke: yakuzaindonesia@ymail.com (Subject: Seminar Yakuza) dengan pembicara salah satu mantan bos Yamaguchigumi.

Info lengkap yakuza dapat dilihat di www.yakuza.in

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help