Pemda Tokyo Jepang Efektifkan Perda Larangan Merokok Dekat Anak-anak

Pemerintah Daerah Tokyo mengefektifkan peraturan daerah yang melarang semua orang merokok di lokasi yang terdapat anak-anak.

Pemda Tokyo Jepang Efektifkan Perda Larangan Merokok Dekat Anak-anak
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Ilustrasi orang dewasa merokok di dekat anak-anak 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS. COM, TOKYO - Mulai hari ini Minggu (1/4/2018) Pemerintah Daerah Tokyo mengefektifkan peraturan daerah yang melarang semua orang merokok di lokasi yang terdapat anak-anak (usia 18 tahun ke bawah) baik di sekolah, fasilitas umum seperti rumah sakit dan sebagainya, tanpa penalti (hukuman) bagi pelanggarnya.

"Oleh karena itu kami akan membahas dan dalam waktu dekat menambahkan hukum yang baru, denda bagi yang melanggar perda ini," ungkap sumber Tribunnews.com, Minggu (1/4/2018).

Baca: Korban Sempat Melambaikan Tangan di Tengah Kobaran Api Tapi Nasir Tak Kuasa Menolong

Larangan merokok ini bukan hanya bagi rokok biasa tetapi juga termasuk rokok buatan seperti "heated cigarettes" juga turut dilarang digunakan pemakai dekat lokasi yang ada anak-anak.

Selain itu di dalam mobil pun yang membawa anak-anak juga dilarang merokok.

"Orangtua sendiri kalau membawa anak dalam mobil, dan mereka merokok, orangtua itu akan ditegur keras mulai 1 April ini dan seterusnya. Nantinya, orangtua sendiri akan terkena denda apabila melanggar perda ini yang dimaksudkan juga untuk semakin lebih baik kondisi menjelang Olimpiade 2020 mendatang," tambahnya.

Baca: Nyak Sandang Penasaran Wajah Presiden Jokowi, Katanya Ganteng

Perda ini telah disetujui oleh parlemen sejak Oktober tahun lalu dan selama masa sosialisasi sekitar setengah tahun ini berbagai poster telah ditempel di banyak tempat umum.

"Kemungkinan akhir tahun ini akan diterapkan tambahan perda yang mendenda setiap orang merokok di lokasi berbagai fasilitas yang ada anak-anak," kata dia.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved