BBC

Apa yang disasar serangan rudal AS, Inggris, dan Prancis ke Suriah?

Kekuatan militer gabungan Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis menyatakan telah melakoni serangan ke sejumlah lokasi di Suriah. Secara total

Kekuatan militer gabungan Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis menyatakan telah melakoni serangan ke sejumlah lokasi di Suriah. Secara total mereka mengklaim sudah melesatkan 105 rudal.

Menteri Pertahanan AS, Jim Mattis, mengatakan AS dan sekutunya telah mengambil "aksi yang tepat" terhadap "infrastruktur senjata kimia" pemerintah Suriah.

Rangkaian serangan itu terjadi satu pekan setelah dugaan serangan kimia ke Douma—kota yang dikuasai kelompok pemberontak.

Meski demikian, pemerintahan Presiden Bashar al Assad membantah pernah menggunakan senjata kimia. Adapun Rusia, sekutu utama Suriah, mengatakan bukti-bukti dugaan serangan ke Douma yang menjadi dasar gempuran ke Suriah "sengaja dibuat".


Apa yang ditargetkan dalam gempuran ke Suriah?

Ketua Gabungan Kepala Staf AS, Jenderal Joseph Dunford, mengklaim pihak sekutu telah meluncurkan rangkaian rudal yang mengenai dan menghancurkan tiga target "yang secara spesifik berkaitan dengan program senjata kimia milik rezim Suriah".

Rudal-rudal itu dilesatkan dari sejumlah pesawat jet tempur dan beberapa kapal perang yang berada di Laut Merah, sebelah utara Teluk, dan bagian timur Laut Mediterania.

1. Pusat riset dan pengembangan Barzeh, Damaskus

Preliminary US Department of Defense damage assessment of US-led strike on Barzeh research and development centre (14 April 2018)
US Department of Defense

Lembaga yang merupakan cabang dari Pusat Riset dan Kajian Sains (SSRC) ini berada di Distrik Barzeh, sebelah utara ibu kota Suriah.

Menurut Jenderal Dunford, lembaga ini berfungsi sebagai "pusat riset, pengembangan, produksi, serta pengujian teknologi senjata kimia dan biologi".

Letnan Jenderal Kenneth McKenzie selaku direktur Staf Gabungan militer AS mengatakan, sebanyak 76 rudal telah diarahkan ke lokasi tersebut. Rinciannya, 57 rudal jelajah Tomahawk dan 19 rudal yang ditembakkan dari pesawat.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved