BBC

Indonesia salah satu penghasil kopi terbesar, tapi bukan peminum kopi terbanyak

Indonesia merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia. Namun, ditilik dari jumlah peminum kopi, Indonesia tidak masuk dalam daftar.

Dari kopi espresso di Italia sampai kopi tubruk di Indonesia, minuman kopi banyak digemari khalayak dunia.

Bahkan, berdasarkan data Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), semakin banyak orang di jagat ini yang menenggak minuman kopi.

Jika minuman tersebut banyak dikonsumsi, tentu ada hukum permintaan dan penawaran yang berputar. Lantas, negara mana yang memproduksi biji kopi dan negara mana pula yang paling banyak meminumnya?

1. Produsen kopi terbanyak

Kopi diproduksi di lebih dari 50 negara. Di antara negara-negara tersebut, Brasil merupakan produsen terbesar.

Pada 2017-2018, negara tersebut memproduksi lebih dari 51 juta karung berisi biji kopi. Posisi kedua ditempati Vietnam.

Di mana posisi Indonesia? Indonesia berada di peringkat empat setelah Kolombia, dengan memproduksi sedikit di atas 10 juta karung kopi.

Chart showing top 10 coffee producers by thousand 60kg bags produced in the crop year 2017-18
BBC

Lokasi yang cocok untuk menanam kopi dijuluki 'sabuk biji', yang terletak di wilayah tropis sebelah utara dan selatan garis Khatulistiwa (23 derajat Utara dan 23 derajat Selatan).

Berdasarkan Fairtrade Foundation, lebih dari 125 juta orang di seluruh dunia menggantungkan hidup mereka pada kopi. Bahkan, sekitar 25 juta pertanian kecil memproduksi sekitar 80% dari produksi kopi sedunia.

Kopi yang dijual secara adil atau Fairtrade memungkinkan konsumen bisa melacak biji kopi yang mereka beli. Adapun para petani kopi dijamin mendapat harga dengan rentang yang memiliki batas bawah.

Para petani yang tergabung dalam Fairtrade memproduksi sekira 560.900 ton kopi setahun—cukup untuk membuat espresso sebanyak 72,5 juta cangkir.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help