BBC

Perang Suriah: Dilaksanakan sempurna, kata Presiden Trump

Dalam pesan pertama setelah serangan udara atas Suriah, Presiden Trump memuji dengan mengatakan dilaksanakan sempurna sambil mengucapkan terimakasih

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memuji serangan udara atas Suriah sebagai 'dilaksanakan sempurna' dengan menambahkan 'misi tercapai'.

Dalam pesan Twitter Sabtu (14/04) pagi waktu Washington, dia juga mengucapkan terimakasih kepada Inggris dan Prancis karena 'kearifan mereka dan kekuatan militer yang baik'.

Serangan udara Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis disebutkan sebagai tanggapan atas serangan senjata kimia oleh pemerintah Suriah terhadap warga sipil di Douma, pekan lalu.

Trump, lewat cuitan bangun tidurnya, juga menambahkan rasa bangga atas kekuatan militer Amerika Serikat, yang menurutnya, "akan menjadi, setelah anggaran miliaran dolar yang sudah disetujui, terbaik yang pernah dimiliki Negara."

https://twitter.com/realDonaldTrump/status/985130802668294144

Sebelumnya, Departemen Pertahanan Amerikat Serikat menyebut ada tiga sasaran dari serangan udara Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis.

  • Sarana pusat penelidian di Damaskus, yang diduga berkaitan dengan produksi senjata kimia dan biologi.
  • Gedung penyimpanan senjata kimia di sebelah barat Homs
  • Gedung penyimpanan peralatan senjata kimia dan pos komando yang penting, juga dekat Homs
PBB, Guterres
EPA
Antonio Guterres memimpin sidang darurat Dewan Keamanan PBB untuk membahas serangan Suriah.

Di Suriah, Presiden Bashar al-Assad, mengatakan bahwa serangan rudal atas negaranya oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis membuat dia semakin lebih bertekad untuk memerangi terorisme.

Assad juga menuduh Barat kehilangan kredibilitas.

Sementara itu Iran -sekutu utama Presiden Assad- mengutuk serangan dengan pemimpin agung Ayatulah Ali Khamenei menyebut para pemimpin Barat sebagai 'penjahat'.

Dan Dewan Keamanan PBB langsung menggelar sidang darurat di New York, (Sabtu 14/04), atas permintaan Rusia. Saat membuka sidang, Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, meminta semua anggota Dewan Keamanan PBB agar mengendalikan diri dan menghindari eskalasi di Suriah.

Rusia tuding serangan sebagai 'agresi'

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help