BBC

Mengapa Arab Saudi tiba-tiba memutuskan untuk membuka bioskop?

Pada Abad ke-20, Dinasti Al Saud mengandalkan dua sumber kekuasaan. Yakni kekayaan minyak dan perjanjian informal dengan para ulama konservatif.

Arab Saudi akan membuka bioskop pertamanya sesudah 35 tahun, dengan menayangkan film Black Panther. Tetapi mengapa setelah dilarang selama beberapa dasawarsa, kini rakyat saudi diperbolehkan pergi ke bioskop?

Keputusan Arab Saudi untuk mengakhiri larangan menonton di bioskop adalah bagian dari perubahan yang lebih luas di seluruh lapisan masyarakat.

Pada Abad ke-20, Arab Saudi yang diperintah Dinasti Al Saud mengandalkan dua sumber kekuasaan. Yakni kekayaan minyak yang berlimpah dan perjanjian informal dengan para ulama konservatif.

Namun kini negara tersebut harus menyesuaikan diri dengan abad ke-21, ketika kekayaan minyak tidak akan lagi cukup untuk membiayai pengeluaran pemerintah dan menciptakan lapangan kerja.

Peran ulama juga sudah tidak seperti dulu, pengaruh mereka kini semakin redup dengan naiknya pemimpin baru di keluarga kerajaan.

Seperti negara-negara Timur Tengah lainnya, Arab Saudi dijejali kaum muda: dari 32 juta penduduknya, sebagian besar terdiri dari kalangan muda yang berusia di bawah 30 tahun.

Raja Salman mengangkat salah satu putranya yang muda usia, Mohammed bin Salman, 32 tahun, ke posisi sebagai Putra Mahkota, antara lain untuk bisa berurusan lebih baik dengan mayoritas kaum muda ini.

Tapi MBS, sebutan terkenal untuk Mohammed bin Salman, mengemban tugas yang sulit.

Aktris Saudi Waad Mohammed
Getty Images
Film Arab Saudi yang berjudul Wadjda menang di ajang film internasional.

Dia perlu mengawasi transisi ke arah ekonomi yang kurang bergantung pada minyak di mana kalangan muda Arab Saudi mungkin tidak akan menikmati standar hidup yang sama seperti orang tua mereka.

Mereka tidak akan dijamin mendapat pekerjaan di sektor publik, dan harus bekerja lebih keras di sektor swasta.

Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help