Gunung Io di Pegunungan Kirishima Miyazaki Jepang Meledak

Gunung Io di deretan pegunungan Kirishima meledak siang ini dan menyemburkan asap putihnya

Gunung Io di Pegunungan Kirishima Miyazaki Jepang Meledak
Richard Susilo
Gunung Io di Pegunungan Kirishima Miyazaki Jepang Meledak siang ini (19/4/2018) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Badan meteorologi Jepang siang ini (19/4/2018) mengumumkan gunung Io di pegunungan Kiroshima Miyazaki Jepang siang ini sekitar jam 15:39 meledak sehingga tingkat bahaya menjadi level 2 saat ini dan meminta masyarakat setempat menghindar, mengungsi dari sekitar gunung tersbeut.

"Gunung Io di deretan pegunungan Kirishima meledak siang ini dan menyemburkan asap putihnya sangat tebal beserta magmanya ke sekitar gunung tersebut sehingga membahayakan masyarakat sekeliling," ungkap sumber Tribunnews.com di badan meteorologi Jepang siang ini, Kamis (19/4/2018).

Badan meteorologi masih terus memonitor ketat ledakan tersbeut sementara pihak keamanan setempat mulai berjaga dan membantu pengungsian warga setempat ke lokasi yang dianggap aman.

 Aktivitas gunung berapi di pegunungan Kirismima mulai bergerak atif sejak Februari 2018 dan setelah sempat istirahat sejenak kini gerakan vulkanik tersebut mendadak meledak di siang ini.

Sedikitnya sekitar  radius 1 kilomoter dari letusan tersebut dianggap daerah berbahaya sehingga masyarakat diungsikan ke kejauhan di lokasi sekitar 10 kilometer dari lokasi gunung tersebut.

Sampai dengan jam 16:30 waktu Jepang asap tebal masih terus ke luar dari Gunung Io menyembur ke sekitarnya dan mengotori maupun menutupi semua tumbuhan yang ada di sana.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help