Jepang Anggap Ekspor Baja dan Alumium ke AS Tidak Memberikan Dampak Negatif Bagi Masyarakat AS

Trump bulan lalu mengenakan tarif impor 25% pada baja Jepang dan 10% pada aluminium yang diimpor

Jepang Anggap Ekspor Baja dan Alumium ke AS Tidak Memberikan Dampak Negatif Bagi Masyarakat AS
Richard Susilo
Presiden AS Donald Trump (kanan) dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kiri) dalam jumpa pers Kamis pagi ini (19/4/2018) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - PM Jepang Shinzo Abe dalam jumpa pers bersama Presiden AS Donald Trump pagi ini (19/4/2018) menekankan bahwa ekspor baja dan aluminiumnya ke AS tidak memberikan gampak negatif bagi masyarakat AS.

"Kami melihat ekspor baja dan aluminium Jepang tidak memberikan dampak negatif kepada masyarakat AS," tekan Abe pagi ini (19/4/2018).

Sebaliknya malahan baja serta aluminium Jepang memberikan sumbangan yang sangat berharga bagi masyarakat AS karena terbuat dari bahan yang sangat berkualitas tinggi dan tidak ada persamaannya dengan produk dari negara lain .

Baca: Kepincut Motor Gede Saat IIMS, Jokowi: Ini Bukan Buat Saya Tapi Untuk Paspampres

Trump bulan lalu mengenakan tarif impor 25% pada baja Jepang dan 10% pada aluminium yang diimpor dari Jepang selama tiga minggu. Akibat mahal mendadak kedua produk tersbeut pembelian mendadak berkurang dari pihak AS.

"Presiden Trump dan saya setuju untuk melakukan pembicaraan perdagangan yang bebas, adil dan resiprokal," tambah Abe.

Mengenai Bidang Otomotif Trump mengatakan bahwa ada hambatan non-tarif seperti standar keamanan mobil di Jepang yang dianggap terlalu berlebihan.

"Kita harus menghilangkan hambatan untuk mengekspor mobil ke Jepang dan berusaha mencari penghapusan hambatan non-tarif," tekan Trump.

Untuk sektor pertanian, Ketua Dewan Ekonomi National AS meminta kepada Jepang pembukaan pasar pertanian.

"Saya ingin meminta pembukaan beberapa pasar di Jepang. Secara khusus, sektor pertanian dan produk pertanian."

menyatakan bahwa, produk pertanian dari panggung Ini menunjukkan ide untuk menuntut pembukaan pasar.

Hal tersbeut menunjukkan gagasan untuk me review dari tarif yang diterapkan untuk produk-produk pertanian seperti daging sapi di Jepang .

Presiden Trump diperkirakan berusaha mendapatkan hasil nyata untuk mengurangi defisit perdagangan sekaligus untuk lebih memperkuat tekanan pada Jepang guna menciptakan citra yang baik bagi Trump dalam pemilihan Kongres jangka menengah di musim gugur.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help