Mesin Deteksi Presisi Tinggi Mulai Dipasang di Bandara Haneda Tokyo Jepang

Mesin inspeksi bagasi baru menggunakan CT teknologi, yang juga digunakan di bidang medis

Mesin Deteksi Presisi Tinggi Mulai Dipasang di Bandara Haneda Tokyo Jepang
Richard Susilo
Mesin Deteksi Presisi Tinggi Mulai Dipasang di Bandara Haneda Tokyo Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Tokyo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Dalam rangka meningkatkan kontra-terorisme untuk Olimpiade Tokyo dan Paralimpiade 2020, mesin deteksi bagasi baru berpresisi tinggi diperkenalkan untuk pertama kalinya di bandara Haneda Tokyo Jepang hari ini (19/4/2018) yang dapat menemukan bahan peledak secara akurat pada pos pemeriksaan keamanan saat memasuki bandara setelah mendapat boarding pass pesawat.

"Sebagai salah satu alat pertahanan diri antisipasi terhadap segala kemungkinan terorisme dan sebagainya menjelang Olimpiade, pemeriksaan ketat semakin kami terapkan bagi semua penumpang pesawat terbang di Jepang, sebagai langkah pengamanan menyeluruh," papar Yokogawa Yasushi Deputi Direktur Departemen Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Aviation Administrasi penerbangan kementerian perhubungan jepang siang ini, Kamis (19/4/2018).

Mesin inspeksi bagasi baru menggunakan CT teknologi, yang juga digunakan di bidang medis, dari berbagai sudut bagasi terlihat pada monitor sehingga bentuk barang apa pun bisa dilihat tiga dimensi pula menggunakan teknologi ini, sehingga jelas ketahuan isi barang yang ada di kopor atau tas jinjing kita.

Selain meningkatkan kemampuan deteksi bahan ledakan juga ditampilkan dalam warna merah pada monitor, sehingga inspektur dapat membuat penilaian dalam sekejap.

Pendeteksian dengan tingkat akurasi yang tinggi, sehingga inspektur lebih efisien, dan mengurangi pekerjaan untuk mengkonfirmasi membuka bagasi .

Selain itu, di lokasi pemeriksaan, jalur cerdas (smart line) untuk mempersingkat waktu tunggu diperkenalkan pada saat yang sama, dan ini adalah mekanisme yang membuat inspeksi orang dengan lebih cepat pula.

Selain ke Bandara Haneda, mesin serupa akan dipasang juga di banyak bandara nasional di Jepang sampai dengan tahun 2020.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help