Ramadan 2018

Masjid Agung Roma, dari Kemustahilan Menjadi Kenyataan

Kota Roma yang merupakan pusat agama Katolik di dunia, ternyata terdapat sebuah masjid yang berdiri megah , Masjid Roma

Masjid Agung Roma, dari Kemustahilan Menjadi Kenyataan
WIKIPEDIA
Masjid Roma di Kota Roma.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam
TRIBUNNEWS.COM, ROMA - Kota Roma yang merupakan pusat agama Katolik di dunia, ternyata terdapat sebuah masjid yang berdiri megah, Masjid Agung Roma.

Bagaikan mustahil didirikan masjid di Italia, mengingat pemimpin Italia Benito Mussolini (1922-1943) yang beraliran fasis menentang pendirian masjid di Italia. "Tak ada masjid di Roma, selama tak ada gereja di Mekkah," katanya saat itu.

Lima puluh tahun setelah kematian Mussolini, umat Islam di Kota Roma ahirnya memiliki sebuah masjid megah dan menjadi salah satu masjid terbesar di Eropa.

Masjid Agung Roma merupakan masjid terbesar di Italia. Dibangun di atas lahan seluas 30.000 meter persegi. Selain untuk tempat beribadah juga difungsikan sebagai Islamic Center. Masjid ini mampu menampung jamaah hingga 5000 orang. Pembangunannya sendiri membutuhkan kurun waktu 20 tahun dan dibiayai oleh 23 negara Arab dan muslim.

Keterlibatan negara-negara Islam dalam pendirian masjid yang mulai pada 1975 ini ditandai dengan prasasti yang diabadikan dalam sebuah plakat marmer putih dipasang di dinding dekat tangga utama masjid.

Diresmikan pada tahun 1995, diarsiteki oleh Paolo Portoghesi, warga asli Italia, masjid ini memadukan gaya Roman dan Islam. Gaya Roman (Romanesque) pertama kali diperkenalkan oleh Charles Alexis dan Adrien de Gerville untuk menggambarkan arsitekur di atas Gotik.

Memasuki ruangan utama masjid yang terletak di Jalan Viale della Moschea ini, kita mesti melewati selasar terlebih dahulu. Selasar ini panjangnya kurang lebih sekitar 15 meter dari tangga yang menghubungkan antara bagian luar dan dalam masjid.

Setelah menaiki tangga dengan ketinggian kurang lebih 2,5 meter dari dasar tanah ini, baru kita akan mulai merasakan detail kemegahan bangunan-bangunan Romawi kuno.

Kemegahan tersebut juga diwakili oleh keberadaan 16 kubah ditambah sebuah kubah besar di tengah yang atasnya dihiasi dengan bulan sabit serta sebuah menara berbentuk pohon palem setinggi 40 meter.

Penulis: chaerul umam
Editor: Rachmat Hidayat
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Klasemen Piala Asia

Rank Negara
Total
1China30181260
2Japan12171746
3Korea8121434
4Indonesia52310
5Iran43512
Lihat Selengkapnya
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help