BBC

Jabat tangan Kim dan Trump yang bersejarah dalam rentetan gambar

Di Singapura, Kim dan Trump bersalaman selama 12 detik, yang lebih singkat dari yang biasa dilakukan Trump lakukan namun mungkin bisa dilihat

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akhirnya berjabat tangan. Tapi tidak ada yang tahu persis bagaimana itu akan terjadi.

Berikut kami memecah gambar-gambar dari pagi yang luar biasa bersejarah untuk menjelaskan bagaimana setiap momen terbentang.

Pertama-tama, tahap (hampir) kosong

Worker vacuums spot where President Trump and Kim are expected to shake hands
Reuters

Sentuhan akhir terhadap karpet merah di Capella Hotel di Pulau Sentosa dengan bendera Korea Utara dan AS terlihat berselang-seling sebagai latar belakang yang rapi. Tak bisa dibantah bahwa jarang terjadi bendera Korea Utara dan Amerika Serikat berkibar berdampingan seperti ini.

Ini adalah kemenangan yang simbolis untuk Kim, menunjukkan kedua pemimpin negara datang bersama-sama dengan persyaratan yang sama.

Apa yang tidak Anda lihat dalam gambar adalah kerumunan media di sisi lain foto, bersiap untuk mengabadikan jabat tangan bersejarah itu.

Keduanya datang: dari sebelah kiri panggung, dan kanan panggung

US President Donald Trump (R) and North Korea"s leader Kim Jong Un (L) walk toward one another at the start of their historic US-North Korea summit, at the Capella Hotel on Sentosa island in Singapore on June 12, 2018.
AFP

Hampir seolah-olah sudah berlatih untuk momen ini, Trump masuk dari kanan dan Kim dari kiri.

Bahkan sebelum kedua pemimpin sudah berada cukup dekat satu sama lain, Anda sudah bisa melihat Trump mengulurkan tangannya - mungkin bersiap-siap, untuk mengeksekusi cengkeraman jabat tangannya yang terkenal.

Jabat tangan selama 12 detik

Mr Trump and Mr Kim shake hands
AFP

"Senang bertemu dengan anda, Tuan Presiden," adalah kata-kata yang diucapkan oleh Kim saat bertemu Trump.

Bisa dilihat ini adalah jabat tangan yang kuat satu sama lain, tetapi secara signifikan lebih pendek dari jabat tangan yang bisa dilakukan Trump: Jabat tangan selama 12 detik ini sudah pasti lebih singkat dari yang biasa Trump lakukan.

Bagi Kim, jabat tangan itu tidak sedramatis yang dilakukannya dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, sebulan lalu. Pada pertemuan itu, dia mencengkeram tangan Moon dan membawanya ke sisi utara perbatasan kedua negara.

U.S. President Donald Trump and North Korea"s leader Kim Jong Un meet at the Capella Hotel on the resort island of Sentosa, Singapore
Reuters
Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help