BBC

KTT Kim-Trump: HAM dan hal-hal yang tidak akan dibicarakan kedua pemimpin

Semua pandangan mata tertuju pada pertemuan Trump dan Kim, namun hak asasi manusia tampaknya bukan menjadi topik yang akan dibahas

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jing Un akhirnya melakukan pertemuan bersejarah mereka membahas beberapa hal, termasuk denuklirisasi di Semenanjung Korea. Namun, hak asasi manusia hampir pasti tidak akan ada di daftar topik yang dibahas kedua pemimpin.

Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sebelumnya menyebut bahwa masyarakat Korea Utara hidup di bawah "pelanggaran hak asasi manusia yang sistematis, meluas dan berat".

Berikut adalah beberapa masalah yang sedang terjadi di Korea Utara saat ini

Kontrol ketat pemerintah

Terisolasi dari seluruh dunia, Korea Utara diperintah oleh dinasti Kim secara turun menurun selama tiga generasi, dan warganya diminta untuk membayar kesetiaan penuh kepada keluarga dan pemimpin saat ini, Kim Jong-un.

Negara mengontrol segalanya, dan secara aktif memata-matai warganya menggunakan jaringan pengawasan yang luas.

Ekonomi juga dikontrol secara ketat dan pemerintah memasukkan uang ke dalam program nuklir dan misilnya meskipun kekurangan pangan, bahan bakar, dan kebutuhan dasar lainnya meluas.

Brad Adams, Direktur Human Rights Watch (HRW) Asia, mengatakan kepada BBC bahwa Korea Utara hanya mampu mengembangkan program nuklir yang mahal karena negara itu adalah negara totaliter, dan program nuklir itu dilakukan dengan "mengambil makanan dari perut lapar orang Korea Utara".

Kontrol media

Media Korea Utara bisa dibilang yang paling terkontrol di dunia. Reporters without Borders (RSF) menempatkan mereka di urutan terakhir dalam World Press Freedom Index.

Korea Utara mendapatkan semua berita, hiburan, dan informasi mereka dari media pemerintah, yang tanpa henti memuji kepemimpinan.

Menurut RSF, warga Korea Utara dapat dikirim ke penjara karena melihat, membaca, atau mendengarkan konten yang disediakan oleh media internasional.

Screenshot of KCNA website
KCNA
Kantor Berita Pusat Korea adalah jendela media utama dunia di Korea Utara
Halaman
1234
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help