Di Irian Jaya Anak 4 Tahun Terkena Kusta Diprihatinkan Pengusaha Jepang Ini

Penderita kusta di Indonesia sangat banyak sekali salah satu dari tiga besar di dunia selain India dan Brazil

Di Irian Jaya Anak 4 Tahun Terkena Kusta Diprihatinkan Pengusaha Jepang Ini
Richard Susilo
Yohei Sasakawa, Chairman Sasakawa Foundation dan Chairman Nippon Foundation 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, Tokyo - Seorang anak kecil usia 4 tahun wanita di Irian Jaya menjadi keprihatinan seorang pengusaha Jepang, Chairman Sasakawa Foundation dan Chairman Nippon Foundation, Yohei Sasakawa dalam pembicaraan khusus dengan Tribunnews.com Rabu ini (13/6/2018).

"Saya menemukan anak wanita 4 tahun di Irian Jaya terkena kusta dan untung saja bisa ditemukan sehingga kita bantu sekali penyembuhannya saat itu," papar Sasakawa mengenang kunjungannya ke Irian Jaya beberapa waktu lalu.

Penderita kusta di Indonesia sangat banyak sekali salah satu dari tiga besar di dunia selain India dan Brazil, paparnya lagi.

"Namun dalam beberapa tahun terakhir ini kami telah fokuskan bantuan baik kepada Indonesia maupun India," katanya.

Permasalahannya adalah adanya pandangan di Indonesia bahwa penderita kusta adalah kutukan dari Tuhan sehingga sulit ke luar ketahuan di masyarakat.

"Kita berusaha cari sendiri sebisa mungkin dan dengan pengetahuan yang ada pada kita, dengan mudah bisa kita temukan bahwa seseorang menderita kusta atau tidak. Lalu kita berikan pengobatan gratis kepada mereka semua."

Tentu saja beberapa tenaga medis Indonesia ikut serta di bawanya sehingga ikut memberikan bantuan kepada para penderita kusta di Indonesia.

"Kita sudah kunjungi banyak tempat di Indonesia, yang belum hanya Kalimantan saja," tambahnya.

Di banyak tempat di Indonesia menurutnya masih terus ditemukan banyak penderita kusta di pedalaman, di desa-desa dan sebagainya.

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help