Single Mother Jepang Prihatin Uang Kesejahteraan Anak dan Penerapan Ketentuan Dewasa jadi 18 Tahun

Usia kedewasaan di Jepang akan menjadi 18 tahun, akan diberlakukan tahun 2022.

Single Mother Jepang Prihatin Uang Kesejahteraan Anak dan Penerapan Ketentuan Dewasa jadi 18 Tahun
Richard Susilo
Uang 10.000 yen 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, Tokyo - Para single mother Jepang (ibu-ibu yang punya dan mengasuh anaknya sendiri tanpa ayah) saat ini prihatinkan uang kesejahteraan sosial anaknya karena UU penurunan batas dewasa menjadi 18 tahun, yang semula 20 tahun, akan diberlakukan tahun 2022 mendatang.

"Usia kedewasaan di Jepang akan menjadi 18 tahun, akan diberlakukan tahun 2022. Dipastikan akan banyak menimbulkan konflik pro dan kontra terutama mengenai uang tunjangan sosialnya. Perlindungan dan kesejahteraan bagi anak muda karena pengurangan uang kesejahteraan tersebut mungkin perlu diperhatikan lebih lanjut nantinya karena akan berdampak pada kita semua pula," papar Yamazaki Tomozou, Direktur Pusat Dukungan anak Konseling Rabu ini (13/6/2018).

Sedikitnya 6500 konsultasi per tahun dilakukan masyarakat di daerah Toshima-ku Tokyo saja dan hal itu diperkirakan Yamazaki akan semakin meningkat di masa depan.

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang diperkirakan akan mengumumkan penurunan biaya kesejahteraan tersebut karena usia 18 tahun nantinya sudah dianggap dewasa secara hukum dan tidak bisa terima uang kesejahteraan lagi dari pemerintah Jepang.

Padahal selama ini banyak Single Mother tetap menerima uang kesejahteraan bagi anaknya yang masih 18 tahun hingga 19 tahun. Karena usia dewasa di Jepang adalah 20 tahun saat ini.

Dengan usia dewasa di Jepang menjadi 18 tahun, mereka pun diberikan hak untuk ikut dalam pemilihan umum mendatang di usia 18 tahun terutama mulai 2022 bulan April saat usia tersebut resmi secara hukum menjadi anak dewasa untuk usia 18 tahun.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help