Kapal Penjaga Pantai Italia Angkut 522 Imigran di Sisilia

Kapal Diciotti akhirnya mendarat di Pozzallo yang membawa 522 orang ke pelabuhan yang aman

Kapal Penjaga Pantai Italia Angkut 522 Imigran di Sisilia
channelnewsasia.com
Kapal Itali angkut imigran 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, ROMA - Sebuah kapal penjaga pantai Italia yang membawa lebih dari 500 imigran, termasuk puluhan yang diselamatkan oleh Angkatan Laut AS di lepas pantai Libya pekan lalu, tiba Selasa (19/6/2018) malam di sebuah pelabuhan di Sisilia, beberapa hari setelah menteri dalam negeri melarang kapal penyelamat dari LSM.

"Kapal Diciotti akhirnya mendarat di Pozzallo yang membawa 522 orang ke pelabuhan yang aman," kata UNHCR Italia melalui tweet.

"Mereka diselamatkan dalam berbagai operasi, 42 di antaranya selamat dan mereka membutuhkan perawatan medis dan dukungan psikologis yang mendesak," kata badan pengungsi PBB, menambahkan bahwa itu di tempat kejadian bersama dengan otoritas Italia dan organisasi kemanusiaan.

Beberapa imigran alami dehidrasi, termasuk enam anak, tiga wanita dan satu pria, telah dikirim ke Pozzallo dan dirawat oleh Palang Merah Italia.

Tidak diketahui apakah mereka adalah bagian dari kelompok 41 imigran yang diselamatkan dari sebuah kapal yang menderita di Libya pada Selasa lalu oleh USNS Trenton, yang memindahkan mereka ke Diciotti.

Sebuah kapal di dekatnya dari LSM Sea Watch menawarkan untuk membantu dengan syarat bisa berlabuh dengan para migran di sebuah pelabuhan Italia, yang ditolak otoritas Italia.

Sebelumnya, Menteri dalam negeri Italia, Matteo Salvini telah memperingatkan bahwa kapal penyelundup migran LSM tidak akan diizinkan untuk menurunkan muatan manusia di pelabuhan Italia.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved