BBC

Sejumlah pesawat Israel gempur Gaza, klaim Palestina lepaskan roket

Sejumlah pesawat tempur Israel menggempur beberapa lokasi di Gaza. Militer Israel mengklaim bahwa warga Palestina lebih dulu melepaskan roket

An explosion in Gaza after Israeli air strikes on 20 June 2018
AFP
Militer Israel menyebut telah menggempur 25 target yang terkait dengan gerakan Hamas, termasuk beberapa pangkalan.

Sejumlah pesawat tempur Israel menggempur beberapa lokasi di Gaza. Militer Israel mengklaim bahwa warga Palestina lebih dulu melepaskan roket dan mortir ke wilayah Israel.

Dari rangkaian gempuran di Gaza, militer Israel menyebut sebanyak 25 di antaranya merupakan target yang terkait dengan gerakan Hamas, termasuk beberapa pangkalan.

Saat itu sebanyak tiga gelombang gempuran dilancarkan dalam serangan ke Gaza.

Aksi tersebut, menurut militer Israel, merupakan tanggapan dari 45 roket dan mortir dari Palestina yang diarahkan ke wilayah Israel. Tak hanya itu, layang-layang juga digunakan untuk membawa bom molotov ke Israel.

Israel berkilah bahwa tindakan Palestina itu mampu ditangkal sistem pertahanan rudal 'Kubah Besi'.

map of Gaza showing buffer zone (on land) and six-mile fishing exclusion zone
BBC

Akibat gempuran Israel, beberapa warga menyebut dua personel keamanan Hamas mengalami cedera. Sedangkan di pihak Israel tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

Gempuran Israel-Palestina ini mengemuka beberapa pekan sejak konfrontasi berlangsung pada 30 Maret lalu di sepanjang perbatasan Gaza.

Dalam rentetan peristiwa itu lebih dari 120 warga Palestina tewas dibunuh pasukan Israel dan ribuan lainnya cedera, menurut Kementerian Kesehatan Palestina.

Mereka menuntut hak pengungsi Palestina untuk kembali tanah nenek moyang mereka yang kini diklaim sebagai wilayah negara Israel.

Sejumlah kelompok pelindung HAM menuduh pasukan Israel menggunakan kekerasan berlebihan, termasuk menembak Razan al Najjar, perempuan Palestina yang ditembak hingga meninggal dunia saat mengenakan pakaian staf medis.

Israel menegaskan pasukannya hanya melepaskan tembakan sebagai langkah membela diri atau terhadap orang-orag yang mencoba menembus wilayah mereka dengan berkedok demonstran.

Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved