Sekjen PBB Sebut Jumlah Konflik Tahun Ini Tertinggi dalam 30 Tahun Terakhir

Guterres menyebutkan jumlah situasi kekerasan yang dapat diklasifikasikan sebagai perang

Sekjen PBB Sebut Jumlah Konflik Tahun Ini Tertinggi dalam 30 Tahun Terakhir
pinterest.co.uk
Sekjen PBB, Antonio Guterres 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, OSLO - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Guterres mengatakan bahwa jumlah negara-negara yang terlibat konflik kekerasan saat ini adalah yang tertinggi dalam 30 tahun terakhir.

Guterres menyebutkan jumlah situasi kekerasan yang dapat diklasifikasikan sebagai perang, berdasarkan jumlah korban, telah meningkat tiga kali sejak tahun 2007.

Dalam konferensi pers di Oslo, Norwegia, Selasa (19/6/2018), Guterres mengatakan konflik dengan intensitas rendah naik hingga 60 persen sejak tahun 2007, tapi dia tidak memberi rincian angkanya.

“Pencegahan jauh lebih penting dibanding sebelumnya,” ujar Guterres, dan menambahkan “mediasi menjadi instrument yang sangat fundamental dalam tindakan kami," ucap Guterres dilansir dari VOA.

Guterres yang menghadiri pertemuan tentang perdamaian, menambahkan selain konflik di kawasan, terorisme global merupakan jenis perjuangan baru yang ‘dapat terjadi kapan saja.

Diskusi panel tahunan tentang perdamaian atau dikenal sebagai “Forum Oslo” juga dihadiri oleh para pemimpin dari Somalia, Aljazair, Yordania, Oman dan Tanzania. Utusan Gedung Putih Urusan Perang Melawan ISIS juga ikut hadir.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help