BBC

Donald Trump: Kesepakatan perdagangan AS-Inggris 'benar-benar memungkinkan'

Presiden AS itu dengan hangat berbicara bersama PM Inggris hanya beberapa jam setelah komentarnya yang menyerang rencana Brexit Theresa May

Donald Trump mengatakan kesepakatan perdagangan AS-Inggris "benar-benar akan memungkinkan", beberapa jam setelah dia mengatakan ke tabloid Inggris The Sun bahwa rencana Brexit Theresa May dapat menghancurkan kesepakatan itu.

Berbicara setelah perundingan di Chequers, kediaman PM Inggris di luar kota London, Presiden Trump mengatakan hubungan AS-Inggris adalah "spesial di tingkat tertinggi", sementara PM May mengatakan mereka telah membahas rencana untuk sebuah perjanjian perdagangan "ambisius".

Trump dan istrinya, Melania, kemudian minum teh dengan Ratu Inggris di Windsor.

Sang Ratu menyambut Trump dan Ibu Negara AS saat iring-iringan mobil mereka tiba di Kastil Windsor. Band Pengawal Coldstream memainkan lagu kebangsaan AS Star-Spangled Banner dan Ratu juga mengajak Trump untuk memeriksa penjaga kehormatan.

Pertemuan mereka berlangsung hampir satu jam dan merupakan jadwal terakhir Trump dalam kunjungan kerjanya selama dua hari ke Inggris.

Trump dan istrinya meninggalkan Windsor dengan menggunakan helikopter kepresidenan sebelum naik ke Air Force One, yang mengantar mereka ke Ayrshire untuk berakhir pekan di resor golf Turnberry miliknya.

Mereka tiba di Bandara Prestwick pukul 20.22 setempat (02.00 WIB keesokan hari).

Tak lama setelah kedatangan mereka di resor, seorang pengunjuk rasa menerbangkan paralayang di atas resor membentangkan spanduk mengatakan "di bawah par, Trump, #resist."

Ratu, Donald dan Melania Trump di Koridor Utama Kastil Windsor.
Reuters
Sebuah foto resmi Ratu, Donald dan Melania Trump di Koridor Utama Kastil Windsor.

Kunjungan resmi pertama Trump ke Inggris sebagai presiden berlangsung di antara KTT NATO di Brussel dan pertemuan hari Senin di Helsinki dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin.

Perundingan di Chequers dilakukan setelah the Sun menerbitkan wawancara dengan Presiden AS itu di mana dia mengkritik rencana Brexit PM May.

Halaman
123
Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved