Mendikbud Jepang Minta Usut Tuntas Kasus Tokyo Ikka, Termasuk Soal Diskriminasi Wanita

Menteri Pendidikan Kebudayaan Olahraga Sains dan Teknologi, Yoshimasa Hayashi (57) meminta agar kasus Tokyo Ikka Daigaku diusut tuntas.

Mendikbud Jepang Minta Usut Tuntas Kasus Tokyo Ikka, Termasuk Soal Diskriminasi Wanita
Kyodo
Pintu masuk Universitas Medikal Tokyo (Tokyo Ikka Daigaku) 

 Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Menteri Pendidikan Kebudayaan Olahraga Sains dan Teknologi, Yoshimasa Hayashi (57) meminta agar kasus Tokyo Ikka Daigaku (Universitas Medikal Tokyo) diusut tuntas termasuk terakhir soal diskriminasi wanita.

"Kita mau kasus-kasus di perguruan tinggi termasuk Tokyo Ikka diusut lebih lanjut, demikian pula kasus terakhir soal diskriminasi wanita. Dan kita juga mau meningkatkan tes kemampuan pendidikan nasonal untuk yang masuk pendidikan tinggi di Jepang," kata Hayashi, Jumat (3/8/2018).

Kasusnya berawal ketiga Komisaris Utama (Chairman) dan Rektor Tokyo Ikka, Masahiko Usui (77) dan Mamoru Suzuki (69) kedapatan kongkalikong dengan seorang Direktur Kementerian Pendidikan Jepang Futoshi Sano (59).

Anak dari Sano lewat jalur belakang diterima di Tokyo Ikka dan sebagai gantinya, Tokyo Ikka mendapat subsidi bantuan bidang riset dari Kementerian Pendidikan Jepang.

Akhirnya kedua pimpinan Tokyo Ikka mengundurkan diri bulan Juli 2018.

Pengusutan kasus itu lebih lanjut terungkap kasus lain.

Setelah tahun 2010 jumlah calon mahasiswa wanita lebih banyak diterima daripada pria, maka dilakukan cara curang dan diskriminasi oleh Tokyo Ikka.

Baca: Partai Berkarya Usung Nama Capres yang Benar-benar Diinginkan oleh Rakyat

Hasil tes masuk universitas dengan mengurangi 30 poin hanya kepada calon mahasiswa wanita.

Akibatnya selama hampir 8 tahun jumlah mahasiswa wanita yang berhasil masuk ke Tokyo Ikka menjadi jauh berkurang ketimbang pria menjadi sekitar 1:5 (lima pria, satu wanita).

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help