Banyak Konten Ilegal dari Luar Negeri Diblokir di Jepang

YouTube telah bekerjasama dengan pihak gerbang masuk internet Jepang sejak tahun 2017 sehingga kini banyak film dari luar yang diblokir di Jepang.

Banyak Konten Ilegal dari Luar Negeri Diblokir di Jepang
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Youtube memblokir konten negara lain yang dianggap ilegal, tak akan bisa dilihat di Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - YouTube telah bekerjasama dengan pihak gerbang masuk internet Jepang sejak tahun 2017 sehingga kini banyak film dari luar yang diblokir dan tidak bisa dilihat di Jepang.

"Iya benar sejak tahun lalu pengetatan aturan copyright telah dilakukan di Jepang dan banyak pihak termasuk YouTube telah bekerjasama dengan gerbang internet Jepang melakukan deteksi terhadap upload-an gambar atau film yang ilegal, tidak akan bisa dilihat di Jepang," ungkap Takimoto, ahli hak cipta Jepang kepada Tribunnews.com, Senin (6/8/2018).

Beberapa produk film dan gambar dari Indonesia misalnya, apabila memiliki contents lagu background yang tak memiliki izin atas hak cipta sebuah lagu, terutama lagu Jepang, dipastikan akan diblokir di Jepang. Tak bisa ditayangkan tak bisa dilihat.

Salah satu filter penyeleksi produk ilegal tersebut dengan menggunakan kata kunci (keyword) misalnya kata "Jepang".

Setelah muncul dalam penyeleksian, dilihat memiliki contents lagu Jepang dan dicurigai tak memiliki izin, maka langsung diblokir di Jepang tak akan bisa diakses.

Namun kalau kita ke luar Jepang misalnya kembali ke Indonesia, unduhan yang sama bisa kita lihat dan akses dengan baik.

"Indonesia perlu menjaga copyright atau hak cipta dengan baik. Mungkin perlu diperketat atau ditingkatkan kontrol atas hak cipta tersebut di Indonesia di masa mendatang," kata dia.

Tidak sedikit unduhan lagu atau gambar cerita apa pun, dengan background lagu Jepang, tak bisa dilihat atau diblokir di Jepang.

Filter yang digunakan juga tampaknya bukan hanya kata kunci tersebut tetapi juga filter suara lagu atau kosa kata suara Jepang, termasuk semua data Judul Lagu Jepang telah masuk ke dalam database filter YouTube.

Sehingga semakin memudahkan kontrol berbagai unduhan ilegal dari luar Jepang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help