PM Jepang Shinzo Abe Dipastikan Akan Memenangkan Pemilihan Partai Liberal (LDP)

Jumlah anggota parlemen dari majelis rendah paling banyak di kelompok Takeshita, semuanya umumnya mendukung Abe.

PM Jepang Shinzo Abe Dipastikan Akan Memenangkan Pemilihan Partai Liberal (LDP)
NHK
Wataru Takeshita (71) adik kandung mantan PM Jepang Noboru Takeshita 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo di Jepang

TRIBUNNEWS Tokyo - PM Jepang Shinzo Abe dari partai liberal (LDP) bulan September nanti akan bertanding hanya dengan satu lawan Shigeru Ishiba dan dipastikan kini nantinya akan menang dalam pemilihan Ketua LDP tersebut.

"Hari ini (8/8/2018) Ketua Kelompok Takeshita yang memiliki jumlah anggota parlemen terbanyak ketiga di dalam LDP, mengungkaopkan terus terang tak bisa menyatukan satu suara kelompoknya. Namun kebanyakan akan mendukung Abe," papar sumber Tribunnews.com Rabu ini (8/8/2018).

Jumlah anggota parlemen dari majelis rendah paling banyak di kelompok Takeshita, semuanya umumnya mendukung Abe. Sedangkan anggota majelis tinggi dari kelompok Takeshita hanya sedikit sekali yang mendukung Ishiba.

Dengan dukungan kebanyakan kelompok Takeshita kepada Abe hari ini dipastikan Abe akan menang dalam pemilihan Ketua Umum LDP bulan September mendatang.

Ketua Umum LDP di Jepang berarti akan menjadi PM Jepang yang baru nantinya.

Apabila Abe terpilih kembali dalam pemilihan bulan September mendatang berarti untuk ketiga kalinya berturut-turut Abe dipastikan akan menjadi PM Jepang kembali dan mencetak sejarah di Jepang sebagai PM Jepang yang sangat kuat dan dipercaya rakyatnya dalam sejarah perpolitikan Jepang.

Apabila ditambah dengan perhitungan tahun 2006, Abe pernah menjadi PM Jepang yang ke-57 (26 September 2006 - 26 September 2007) dan di saat itu pula Abe ke Jakarta bersama Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono menandatangani kesepakatan pengiriman 1500 tenaga kerja Indonesia untuk perawat dan penopang lansia dikirimkan ke Jepang.

Abe kembali memerintah Jepang sejak tanggal 26 December 2012 sampai dengan kini. Dan apabila terpilih kembali sebagai Ketua Umum LDP September mendatang, maka kekuasaannya akan terus berjalan sampai dengan empat tahun mendatang atau sekitar tahun 2022.

Sepuluh tahun berturut-turut berkuasa, sangat langka terjadi di Jepang, akan menjadi yang terpanjang dalam sejarah PM di jepang.

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help