BBC

Ulama garis keras di Arab Saudi, Nassar al-Omar, ditangkap

Berbagai laporan menyebut, aparat di Arab Saudi telah menangkap dan menahan seorang sheikh garis keras terkenal negeri itu, Nassar al-Omar.

Berbagai laporan menyebut, aparat Arab Saudi telah menangkap dan menahan seorang sheikh garis keras terkenal negeri itu, Nassar al-Omar.

Sebuah kelompok pemantau hak asasi manusia (HAM) Arab Saudi menyebut, ulama terkemuka itu ditangkap pekan lalu di Mekah.

Nasser al-Omar adalah ulama populer yang memiliki lebih dari enam juta pengikut di Twitter.

Ia sejak lama dipandang sebagai tokoh penting berpengaruh yang 'menyebarluaskan suara tentang tafsir fundamentalis terhadap Islam'.

Sebaliknya, sejak beberapa waktu terakhir, putera mahkota Pangeran Mohamed Bin Salman memimpin upaya untuk mengarahkan Saudi kembali kepada apa yang disebutnya paham Islam moderat.

Namun upaya itu diwarnai penangkapan terhadap sejumlah ulama, pegiat HAM dan juru kampanye hak-hak perempuan.

https://twitter.com/m3takl_en/status/1028386685619458053

Beberapa waktu terakhir, Saudi Arabia dilaporkan banyak menangkapi imam dan kaum intelektual yang dituding menyuarakan pembangkangan.

Akhir tahun lalu, lebih dari 20 ulama dan intelektual ditahan. Di antaranya ulama terkemuka Salman al-Odah dan Awad al-Qarni.

Pada umumnya, mereka yang ditahan dikaitkan dengan Ikhwanul Muslimin, gerakan Islam yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh pihak berwenang di Arab Saudi.

Sumber: BBC Indonesia
BBC
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved