Amerika Ingatkan Ancaman Sanksi Bagi India Bila Tetap Beli Sistem Pertananan s-400 Rusia

negara manapun yang terlibat dalam kerjasama pertahanan atau berbagi dengan intelijen Rusia juga dapat dikenakan sanksi.

Amerika Ingatkan Ancaman Sanksi Bagi India Bila Tetap Beli Sistem Pertananan s-400 Rusia
gnews
Gedung Pentagon

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA--Amerika Serikat tidak dapat menjamin India akan bebas dari sanksi jika melakukan pembelian senjata dan sistem pertahanan dari Rusia.

Randall Schriver, pejabat Pentagon untuk Asia menepis kabar bahwa AS akan melindungi hubungan dengan India jika terjadi pembelian.

"Saya akan mengatakan itu menyesatkan. Akan ada masalah yang sangat signifikan jika India mengejar platform baru utama dan sistem (dari Rusia)," kata Schriver kepada Reuters, Kamis (30/8/2018).

AS telah mengeluarkan sanksi terhadap Rusia untuk aneksasi Semenanjung Ukraina Krimea.

Dengan begitu negara manapun yang terlibat dalam kerjasama pertahanan atau berbagi dengan intelijen Rusia juga dapat dikenakan sanksi.

"Saya tidak bisa bilang bahwa mereka akan dibebaskan," Shriver ditambahkan.

Diberitakan India akan melanjutkan pembelian sistem pertahanan rudal S-400 Rusia meskipun ada kemungkinan dijatuhi sanksi oleh AS.

Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman mengatakan tidak gentar dengan peringatan AS agar tidak membeli S-400 melalui Peraturan Melawan Musuh AS melalui Sanksi (CAATSA).

CAATSA yang disahkan pada Agustus 2017 itu merupakan undang-undang yang memberikan sanksi kepada Rusia, Iran, dan Korea Utara (Korut).

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Sugiyarto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved